Tuesday, July 9, 2013

cerita dibalik legalisir surat ...

jadiiiiiiii...masih inget sama cerita gueh soal berkas-berkas , nah salah satunya adalah harus melegalisir KK dan KTP kan. Akhirnya waktu ada kesempatan liburan kemaren, beranjaklah gueh untuk mulai bergerilya sendiri mendapatkan legalisir dari kelurahan. Awalnya sih daku sudah berencana dan sangat amat berniat memanfaatkan Mr. Pit pas lagi disinih buat ngurusin ituh...tapiiiiiii... berat deh ceritanya, ada masalah dadakan yg akhirnya membuyarkan rencana awal ituh... Soalnya kan klo minta tolong sama pak RT, eike pasti disuruh bayar sekian lagi gituh...tw gituh kan kemaren sekaliaaaaannnnnn....

Trus sampe satu hari *tsaelah kesannyaaaaa...* jalanlah gueh sendiri ke kelurahan bwt mencoba peruntungan semoga dengan mudah mendapatkan legalisir surat inih. Dengan sigap membawa fotocopy KK dan KTP nya...trus nyari ruangan yg berhubungan dengan urusan KK en KTP, ketemu ... disituh ada 2 orang cewek memakai seragam sedang mengobrol *jangan tanya plis jangan tanya...jangan tanya mereka gosipin apa* ... trus dengan tampang polos n g berdosa, bertanyalah si gadis muda nan cantik inih "maaf mba numpang tanya, klo mw legalisir KK dan KTP dimanah ya?" , dijawablah sama sik mba yg agak bohai inih, "coba sayah liat KK n KTP nya yah" ... di ceki-ceki sebentar kemudian, dy menjawab dengan manisnya "ooo, klo KK si mbak inih dilegalisirnya di Kecamatan mbak, klo KTP nya bisa disinih, tapi ... fotocopy nya harus rada gedean tuh, klo kecil kek gini mau di legalisir sebelah mana donk." 

Dan pulanglah sayah tanpa hasil dan bertekadlah sayah besok harus beres, eh ternyata sorenya masalah saya sama Mr. Pit bisa diselesaikan, jadi menggunakan rencana awal untuk meminta bantuan Mr. Pit diantar ke Kecamatan en balik ke Kelurahan. Besokannyah nih sayah tunggu punya tunggu, minta Mr. Pit dateng pagian, eh dy dateng malah jem 12, dimana pasti tuh kantor lg pada istirahat. Akhirnya kita ngaso dululah yah dirumah eike sambil brantem *lagi* en internetan ...Akhirnya kita mulailah bergerilya ke kantor pemerintah demi mendapatkan cap dan tanda tangan legalisir. Pertama yg gueh datengin sih Kecamatan yah, nyampe disana nanya ke ruangan dmana gueh pernah ngurus E-KTP, trus diminta untuk ke ruangan lain, yg ternyata semacam ruangan sekretaris atau admin, yah g ngarti deh. Ketemu sama mba-nya, dy sempet minta KK aslinya tp eike g siapin, eh sama dy dibiarin ajah disuruh nunggu diluar. Tunggu punya tunggu, mungkin 5-10 menit, eh udah jadi. Trus si mbak-nya menatap saya dengan  nanar lebih tepatnya MUPENG, yg saya jawab dengan ucapan terima kasih. Sampai saat inih sih gueh masih berpikir apakah tatapannya ituh meminta duit yak??? 

Lalu kita bergegaslah ke kelurahan, sebelomnya nyari tukagn fotocopy dulu bwt fotocopy perbesar ituh KTP nyah. Abis itu gueh balik lagi ke ruangan yg kemaren. Sayangnyah mba-mba yg kemaren gda, ada 2 orang senga di dalem situ, padahal masih muda-muda lhooo, tapi gayanya udeh selangit ajah. Pas gueh ngasih fotocopy-an ke seorang mba-mba dengan juteknya dy bilang bentar yah, en di depan gueh, iyah di depan gueh dy menyerahkan ke teman cowonya biar dy yg urus ke bu siapa gituh. Nih cowo ceritanya lg asik ngerjain apaan tau di kompi plus maen henpong, ituh cewe yg td jg lg asik maen henpong. Trus dengan males-malesan sik cowo ini minta KTP asli gueh en gueh disuruh nunggu diluar. Emg sih g lama, paling 5 menit, pas ude kelar gueh dipanggil, dengan asoynya dy bilang "nih mba udh beres, jgn lupa yah uang ... *lupa gueh dy bilang apaan*"... ya gueh kasih aja deh cebanan, dy sih senyum-senyum aja abis ituh, engga jutek lagi. Dalem ati gueh sih kupret bener emang. 

Yak sekianlah cerita gueh soal legalisir surat-surat penting inih dan inilah hasil legalisirnya.

liat yg warna biru2nya kan, ituh legalisirnya

12 comments:

Sweet as Tangerine said...

pak jokowi, pak ahok....mental kelurahan kecamatan masih mental korup niiii :P

vir, gue pas legalisir KK ga dipungut bayaran
sampe shock "berapa pak?", "gratis, mba", "serius pak??"
orangnya cuma senyum kecut aja hahahaha

soalnya pas gue ngurus surat keterangan etc gitu, dipalak juga 20rb
yg bantu urus sih cowo masi muda, ramah banget
nah yg kasi cap ato print2 suratnya ibu2 gendut yg mukanya super jutek sambil melototin gue dari mejanya

Mel said...

ih mending dia gak matok harga. kalo di kelurahan gue mo minta apaaaaa aja pasti dipalak 50rb. kalo suratnya ada salah ato apa pasti mintanya lebih alesannya "kan ini udah expired bu.." *GUBRAK*

Arman said...

paling males ngurusin surat2 gitu... dulu RT gua tuh parah. dicari gak pernah ada atau pura2 gak ada. trus ngurus di kelurahan juga gitu. ribet. gua lupa dulu mau bikin surat apa ya... padahal tinggal ngetik doang, gitu aja bilangnya katanya bakal lama. suruh besok aja balik lagi. gua keukeuh tungguin, gua tongkrongin aja di depannya. eh langsung dikerjain dan setengah jam kelar. rese gak sih.. gitu tadi pake disuruh tinggal dulu...

Maria Ludovira said...

hihihihi...yah begitulah sistim pemerintahan kitah...
sayangnyah gueh di Bekasi vi, jadi g masuk anak buah pa Jokowi n AHok...

Maria Ludovira said...

duh itu yah bikin keki aja rasanya...padahal kadang yg salah dari pihak mereka...

Maria Ludovira said...

emg kadang kitanya harus tegas ya ko sama orang-orang kek gitu...seringkali kesannya mereka jd orang penting banget, tp g mikirin orang lain...huuhhhhh...

trus itu ngap coba jd Pak RT

Pypy said...

Idiwwhh.. Sebel deh emang klo dah berurusan sama birokrasi yah Vir..ckckc.. Tp syukurlah klo sudah selesai.. :)

Maria Ludovira said...

iyah py sebel banget deh klo udh kek gituh...dibikin ribet padahal simple aja ya...

nonikhairani said...

wuikkk terang2an aja ya skr orang minta duit :(

Maria Ludovira said...

iyak non...ckckckckck

Angels said...

waduhh harus legalisir juga ya? gua kira ga perlu. g cuma baru kumpulin berkas2 doang di rumah =,=

Maria Ludovira said...

iya keknya ngel...ini yg ngurusin calon mami, gueh cm diminta ngumpulin ajah...

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo