Tuesday, June 18, 2013

Berkas-Berkas kecil tapi bikin mabok...

halloooo...

ini adalah pos tertunda dari jumat kemaren...kenapa yah akhir-akhir inih jadi males nulis-nulis...hiksss...keknya sih udh terserang sindrom setres yak?? apakah semua capeng tuh begonoh??? ...

Okelah, pos kali inih sih mw ngobrolin soal berkas-berkas yg biasa dikumpulin buat syarat menikah di Indonesia juga secara Katolik yah, yaaaa... sapa tw juga inih pos berguna buat men temen yg lagi butuh informasi soal berka-berkas...

Gueh akan mulai dengan berkas gereja yaaa, buat kita-kita yg Katolik pastinya ituh harus ngikut KPP. Cerita soal KPP bisa baca dimarih nyok.  Nah abis KPP baru deh kita nyiapin berkas-berkas buat Kanonik. Kanonik ituh apah, katanya sih penyelidikan yg dilakukan oleh romo kepada kedua calon mempelai. Karna gueh jg masih belom jelas, nanti akan gueh ceritain lebih lanjut klo udeh kanonik yah. Rencananya sih gueh kanonik akhir bulan ini dimana sik Mr. Pit bakalan cuti.

Nah untuk kanonik itulah diperlukan berkas-berkas yg cukup banyak :
1. Surat keterangan dari ketua lingkungan dari masing-masing capeng, karna gueh nikahnya di paroki sik pacar maka harus mengurus surat keterangan paroki. Ngurusnya gampang ko, bawa surat keterangan lingkungannya ke sekre gereja terus nanti akan dibantu urus sama orang sekre gereja masing-masing.
2. Surat keluarga gereja asli + fotocopy (masing-masing capeng)
3. Surat baptis yg diperbaharui (paling lambat 6 bulan sebelum) , karna kemaren pas ikut KPP udh diperbaharui akhirnya g perlu lagi deh diperbaharui. (masing-masing capeng)
4. Sertifikat KPP asli + fotocopy (masing-masing capeng)
5. Fotocopy KTP masing-masing capeng
6. Fotocopy KTP saksi
7. Foto gandeng 4 x 6 (siapin ajah 4 lembar) 


Kek-nya seinget gueh sih itu aja yg harus disiapin untuk penyelidikan kanonik, tapi klo nanti ada yg perlu ditambahkan bakalan eike sempilin yak. Soalnya berkas-berkasnya udh masuk ke greja tinggal gelisah *duduk aje kagak tenang* nunggu tanggal kanoniknya *tarik napas, buang...* duh nulisnya aja sambil deg-deg-an. hehehehehe...

Nah sedangkan untuk catatan sipil (inih gueh juga belom beres) :
1. Pengantar nikah dari kelurahan (mungkin ini maksudnyah surat N1, N2, N4)
2. Fotocopy KK kelurahan masing-masing calon di legalisir
3. Fotocopy KTP masing-masing calon di legalisir
4. Fotocopy akte lahir
5. Fotocopy surat baptis
6. Fotocopy KTP saksi
7. Surat nikah greja (inih biasanya langsung pas hari H)
8. Foto gandeng (nah ini g tw siapin berapa, pokonya buat kanonik sama sipil gueh siapin masing 3x4 ~ 10 lembar, dan 4x6 ~ 10 lembar)

Sebenernya semua berkas ini pun siap, cumaaaa... ternyata pake legalisir-legalisir inilah yg bikin puyeng, tw gituh kan sekalian yak kemaren pas ngurus surat-surat N1, N2, n N4. Padahal ngurus surat ituh juga ude minta tolong sama pa RT en gueh kasih duit. Jadiii...karna minggu depan saya liburrr *yeaaayyyy...breakdance* trus Mr. Pit lagih disinih, rencananya mw datengin kelurahan sendiri buat ngurus. Smoga ajah lancar yaaaa...

tak terasa ih...makin puyeng makin setres...hehehehehe...

14 comments:

dea purnama said...

waaaa banyak banget syarat nya yaaa ...

Pypy said...

Dinikmati aja Vir, dimana2 kalo udah urusan sama birokrasi Indonesia memang ribet nya naujubilah.. hahaha.. :D Doa dulu, biar pak RT dan semuanya gak makin ribetin.. Good luck!!

Melissa Octoviani said...

gua juga belom ngurus surat2 vir... hahahaha... *ketawa miris*

TiffyTiffy said...

Wahhh... Aku baru kanonik minggu lalu nih..
Seru juga, berasa lagi sidang skripsi kayak dulu..
Ditanya jawabnya sendiri-sendiri pulal, pasangannya disuru tunggu di luar, abis itu gantian aku yg disuru keluar, pasangan masuk. Wihhiii...

Soal urusan catatan sipil, jangan sampe telat ya, vir, diurusnya. Soalnya baru minggu lalu aku urusin catatan sipil, dan waktunya tinggal sebulan lagi. Kata petugasnya untung gak kena dispensasi. Kalo waktunya terlalu deket dan mepet, tar dikenakan dispensasi. Jadi minimal sebulan sebelumnya deh udah beres. *jadi panjang*

Maria Ludovira said...

iya deee...huhuhuhu

Maria Ludovira said...

iyaaaa py...
semoga smuanya lancar jaya...hehehehehe

Maria Ludovira said...

semangat mel!! ayok mulei di urus...

Maria Ludovira said...

huaaa...mantep banget deh tif...
oh jadi g boleh telat ya urusan simpil...okeh okeh...makasih ya inpohnyaaa...

Leony said...

Surat mah cepetan harus dikelarin asap. Supaya di bagian blakang nanti ga mabok. Ga ada decor masih bs kawin. Ga ada surat2.... ga bisa ketok palu! Hahaha

melittlestory said...

hahaha iya perkara surat tuh riwet deh.. tapi emang mesti dijalanin.. semangat ya vir.. asik ya mau liburan sekolah :D

nonikhairani said...

pipy....aku langsung inget pas ngurus kawinan kemaren. Duhh...itu dokumen2 bikin spanneng yaaa :(

Maria Ludovira said...

iya nih ci...semoga ga dipersulit deh tuh legalisirnyah...

Maria Ludovira said...

iya semangat nih mw liburan en ketemu Mr. Pit... *joget-joget*

Maria Ludovira said...

iyaaaa non, apalagi yg berhubungan dengan pemerintah...huuuhhhh...

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo