Tuesday, June 14, 2016

Cerita melahirkan

Mari lanjutkan ceritanya yah, biar nyambung bisa baca post sbelom ini... hihihihihihi...

Setelah dari dokter itu, gueh telponan lah sama suami buat ngobrolin baiknya gmana, diputuskan dy cuti hari jumatnya ( sesuai cerita di post sbelomnya, gueh ke dr. Z tgl 15 Nov 14 ari sabtu ) karena kata dokter minggu depan gueh disuruh cek up trakhir bwt nentuin tgl operasi, sekaligus tepat 38week umur kehamilannya. Malemnya udh agak legaan lha ya, udh bisa terima klo emg harus operasi. Bahkan gueh msh sempet curhat sama via en osah, ngobrol lwt bbm sama mereka. Lumayan jg penenang hati...

Besokannya tanggal 16 nov 14, paginya gueh kgreja ama kel gueh, pulangnya ngemol ( inget banget makan burger king ), trus belanja ke giant. Karna niat mw gedein si baby jd gueh beli susu, beli yogurt, beli eskrim, pokonya yg manis2lah. Sayangnya waktu itu pas di kasir antri luama banget, en guah berdiri terus. Padahal sbenernya cape sih... tp gueh tahan2in aja. ( ga tw ini ada ngaruhnya ga ama peristiwa di sore hari)

Pulang dr belanja karna gueh brasa cape banget, jd gueh bawa tidur aja. Sempet wa an ama suami jg katanya mw ngobrol2 tp nanti malem aja. Nah bangun tidur inilah kehororan dimulai, waktu itu gueh udh bangun dr tidur cm posisi badan msh tiduran. Posisi guah tiduran di pojokan kasur deket meja rias, ponakan gueh lg ntn kartun en posisi mereka di bawah kasur. Di kamar ituh cm gueh b3an doang. Pas gueh bangunin badan gueh, baru mw posisi duduk, ga tw salah dmana, aer merembes secara deras dr bagian bawah gueh, ga bisa di tahan sama sekali, langsung kluar buanyak banget. Yg ada di pikiran gueh waktu itu, ini ngompol apa ketuban pecah, en sambil panik teriak2 panggil nyokap gueh. Bahkan gueh teriakin ponakan gueh yg msh kecil bwt panggilin oma (maksudnya nyokap gueh). Gueh udh kalut banget ga brani gerakin badan, sedangkan kasur udh basah kuyup. Dalam hati gueh msh berharap gueh ngompol, bukan ketuban pecah. Bukan apa2, guah takut lahiran gada suami. Pas nyokap en kaka gueh masuk kamar langsung nyalain lampu, en gueh cm ngomong "ini aku ngompol kan ma?" dengan muka melas mw nangis. Takut sejadi2nya deh.

Kaka ama nyokap jg cm sempet melongo doang, abs itu gueh dsuruh berdiri ke kamar mandi bwt bersih2. Nyokap sama kaka ngecek aernya. En ternyata agak lengket en berwana pink. Langsung dah gueh sekeluarga rempong, gueh jalan ke kmar mandi dengan aer yg ngalir, bwt siram2 sama ganti daster. Kaka gueh nanyain jd nya mw lahiran kmana? Gueh blg ke dr.Z ajah. Lgs ditelponin dokternya ama kaka, trus sama dokternya disuruh bawa ke RS. Gueh ude ga bsa mikir apa2an deh, cm mw cepet2 kontek suami bwt pulang, padahal udh yakin dy g mungkin sampe dengan cepet. ( awal mula kekecewaan yg gueh rasain banget2an)

Pas msh drumah nyokap, suami ga angkat2 telponnya, sampe gueh udh nyampe di rs jg ga di angkat2. Gueh sampe kontek istrinya temen suami bwt kontek suaminya. Manalah itu hari minggu, RS nya cukup sepi pas gueh sampe ugd nya, abs itu gueh lgs dbawa ke ruang bersalin gituh, dmana ruangannya baru dbukain pintu2nya. Iyak RS E ini nya emang lbh sepi dibanding RS MK. Di ruang bersalin dgn kondisi daster yg udh kuyup jg, karna aer ketubannya ga brenti ngalir, akhirnya ama suster dperiksa bukaan. (Rasanya ga ush ditanya yak, sakit kaka ) Katanya udah ada bukaan 1, trus info dr dokter gueh bakal lgs di operasi jem 7 malem. Akhirnya suami udh bisa dikontek, en gueh suruh dy pulang skrg jg. Pastinya suami kaget en ga nyangka juga sih. Tp ya mw gmana lagi. Sayangnya karna udh tlalu sore (waktu itu kejadiannya sekitar jem 5 sore) jd seaplane jg gda. Mw ga mw dy mesti lewat darat dmana perjalannya panjang dan tetep bakal sampe besokannya.

Abis diperiksa bukaan itu, gueh mulai ngerasain yg namanya mules2 kontraksi. Serius itu sakit banget lhooo... gueh tepok tangan deh bwt temen ibu2 yg ngalamin kontraksi bukaan ampe lahiran. Gueh baru kek gituh aja udh meringis2 en mewek2 ke nyokap. Mana kesian ama nyokap mesti sambil urus admin juga,en liatin gueh. Waktu itu kondisinya cm bonyok yg anter. Soale kesian ponakan gueh klo kaka gueh ikut. Ada kaka ipar jg sih akhirnya dateng bwt bantu2 di RS. Nunggu jem 7 sambil sms an en telponan ama suami, nahan sakit kontraksi. Itu udh kek nunggu apaan deh. Trus suster en nyokap jg bolak balik. Lupa deh diapain ajah.

Akhirnya sekitar jem stgh 7 an gueh di dorong ke kamar operasi. Waktu itu udh ga kuat akhirnya guah nangis, g tw jg kenapa. Takut atau karna sedih gda si suami ato terharu jg ama bonyok en kaka ipar yg ngelepas gueh msk ruang operasi. Sayangnya dulu gueh ga kepikiran buat minta temenin nyokap. Boleh kagak sih ditemenin pas operasi?

Masuk ruang operasi gueh dibilangin soal prosedur bius2an dll nya. Soal sesak napas, pusing, mau muntah gituh. Inih gueh agak lupa sih apa aja. Pokonya yg plg gueh inget pas udh mulai itu gueh gmo ngeliat ke lampu yg di atas gueh. Lampu operasi gituh, dimana ternyata ada pantulan dr yg dikerjain dokter, dikit2 kliatan. Gw malah ngeri ngeliatnya, jd cm bisa nanar menatap langit sambil berdoa (gueh bawa rosario pas operasi) . Trus si dokter sambil ngobrol sama asistennya, akhirnya lahirlah si Fay, jem 19.04 . Dokternya sempet bilang "tuhkan kelilit tali 2x" , abs itu bahkan gueh lupa ngapain, cm inget si fay ditempelin doang mukanya ke gueh, bwt dksh liat. Padahal sbelom operasi itu gueh sempet minta IMD, tp g tw lah kenapa akhirnya ga jd. Abs udh lahir dokternya slesai trus kluar, en seinget gueh yg nyelesein jaitannya asistennya gituh. Nah ini makan waktu agak lama. Mana dibius setengah gituh ga enak yah, mual en rasanya kesemutan tp ga bisa ngapa2in. Sakit lhooo... nyiksa menurut gueh. Enakan bius total kali yak...

Setelah beres, gueh dbawa kluar dr ruang operasi ke ruang lain, mgkn semacam ruang pemulihan. Daannnn luama banget cm didiemin aja disituh,  padahal gueh udh brasa pengen ketemu orang lain, pengen liat si fay lagi. Tp ga bisa apa2. Cm bisa diem aja sambil ngerasain kesemutan. Tidur pun ga bisa... sedih, takut, pengen liat baby, pengen ketemu nyokap...

Sekitar jem stgh 9 apa jem 9an gituh, baru deh guah dpindah kamar. Pas pindah kamar itu gueh ngelewatin ruang bayi, sayangnya tetep aja ga bisa liat jelas. Trus pas masuk kamar, gueh udh dikasih ucapan selamat dr kel gueh, plus ada eva en tante osah dateng. Ternyata mereka udh nungguin dr pas gueh msh di operasi. En yg gueh denger abs lahir sama sekali gda yg ngabarin klo baby nya udh lahir, sampe dtanya dulu, tw2nya ude dbawa ke ruang bayi. Lha pegimana yak... tp ga mikirin itu sih gueh, guah ngeliat fay malah lewat foto. Trus ngabar2in sik suami yg msh di jalan naek bus. Kesian juga dy begadang di jalan, anaknya tetep ude lahir.

Drama malem setelah operasi itu gueh ga bisa tidur sama sekali, rasanya gerah banget. Padahal nyokap yg nemenin gueh di rs ude kedinginan. AC nya udh plg kenceng, tp gueh tetep keringetan. Mana ga boleh pake bantal, trus kesemutan terus menerus. Dan guah ngerasain kontraksi, dimana perih banget makkk... sakit mens berkali kali lipat. Katanya sih normal ya, karna kita di operasi jd banyak darah kotor yg belom keluar, sengaja dikasih obat kontraksi buat ngebuangin sisa2 kotoran di rahim. Bener kagak sih??
Pokonya cukup menyiksa lah malem ituh, ngeluh ama nyokap jg ga bisa apa2. Jd guah biarinin aja dy tidur,,gueh meringis2 sendirian. Sambil kadang2 liat hape. Klo ada suster masuk, trus gueh ngadu,,ya cm dibilang gpp bu, emang gituh. 
Akhirnya jem 5 pagi guah ude dibolehin pake bantal. Trus klo ga salah udh bole minum. Sekitar jem 7an gueh dibersihin dmana, ternyata udh banjir darah, sampe kena gurita gueh. Gerak masih susah, cm dsuruh suster coba duduk, tp tetep senderan. Dan kepala rasanya mw pecah, pusing banget. Ga tw ini pengaruh yg mana. Kondisi yg sperti itu membuat guah jd manja banget ama mak guah, ketakutan gueh mulai muncul, gmana klo sampe nyokap gda, nyokap pergi, en gueh ditinggal. Sumpah gueh takut banget saat itu... Jem 9an baby dbawa masuk, dsuruh untuk nyusuin. Pertama kalinya gendong en nyusuin. Ga ush dtanya, ASI belom keluar en kepala pusing banget. Jd gendong jg cm bentaran abs itu taro lg deh di boks. Sedangkan pak suami baru sampe jem stgh11 di RS.

Ceritanya ga enak banget yah??? Tapi klo diterusin kepanjangan, padahal itu sih intinya ygw guah tulis di post. Jd mending di post selanjutnya aja yah...

Foto fay pas baru lahir. Ambil dr path nya tante osah
Ambil dr path nya tante Eva
Pertama kali gendong en nyusuin Fay

Monday, May 30, 2016

Trimester Kedua dan ketiga ( come back to Jakarta )

Mari kita lanjutkan seri throwbacknya yaaa...

Memasuki minggu ke 16 gueh ama suami balik ke Jakarta. Waktu itu alesannya perusahaan suami lagi kena gonjang ganjing politik, jd suami dirumahkan. Karena dirumahkanya dalam batas waktu yg ga bisa dtentukan, jd kita memutuskan buat balik aja di Jakarta. Pulang ke Jakarta, mual en muntah hilang dalam sekejap. Sayangnya ga semua makanan yg waktu itu gueh ngidam2kan bisa kesampean. Salah satunya gegara pak suami waktu itu kurang sigap. Terusnya di masa2 itu guah ama dia banyakan berantemnya.

Derama derama banyak bermunculan gituh lah. Ada 3 kejadian sih yg plg membekas di guah, pokonya waktu itu kita berantem hebat yg bener2 bikin guah syok dalam kondisi hamil. Sayangnya hal itu kebawa sampe lahiran ( ini salah satu faktor baby blues yg muncul setelah guah melahirkan )

Singkat cerita, waktu guah hamil menginjak 7bulan, pak suami dipanggil untuk mulai bekerja kembali, yg artinya dy harus balik ke Sumbawa. Waktu itu perasaan guah biasa ajah sih, padahal kan brarti gueh harus tinggal sendiri di rumah. Trus pasti pada bertanya2 kenapa ga ngungsi ke rumah nyokap. Alasannya ada dong, pokonya tiap weekend emg gueh drumah nyokap, en setiap guah kontrol ke dokter pun yg nemenin nyokap or kaka gueh.

O iya guah mw cerita soal dokter, waktu gueh balik ke Jakarta tentu hal utama nyari dokter en rs yg cocok ( sbenernya brasa berat banget, karna udh sreg ama dokter yg di Mataram ). Kaka gueh waktu itu ngasih opsi ke dokternya dy dr.Z di RS E, pertama gueh dateng, jujur aja peralatannya kurang banget, setelah yg guah dapetin di Mataram ko malah berasanya downgrade. Alat usg nya belom secanggih dsana, yg ada layar dmana2. Ini alat USG nya yg masih bisa di dorong2, en klo mw liat ya bareng dokternya. Jd menurut gueh agak susah liatnya. Udahn gituh pas gueh dateng dokternya agak diem en ga banyak ngobrol, gueh brasanya jd ga sreg gituh lah.

Akhirnya setelah nyari2 lagi en atas rekomen beberapa orang gueh beralih ke dr.A di RS MK . Pasiennya buanyak banget, sampe2 klo mw ke dy ya harus daftar dr jauh2 hari. Biar ngantri ga kelamaan en klo udh full ya cari hari lain. Pas ketemu sama dokternya enak banget penjelasannya mirip2 ama dokter yg di Mataram, jadilah gueh sreg ama dy. Sayangnya di akhir aga ga enak gituh.

Waktu kandungan gueh udh masuk ke 7bulan ituh posisi pala si bayi msh di samping bawah dada sebelah kanan, jd waktu itu gueh dsuruh ngepel sambil nungging atau nyari kegiatan yg bikin si baby palanya muter ke bawah. Guah sangat mengharapkan bisa lahiran normal, malah takut banget klo sampe harus SC.  Jadi gueh jabanin setiap gerakan yg bisa bikin baby muter. Bahkan pada saat ikut kelas senam hamil pun di ajarin gerakannya. Sayangnya udh memasuki usia 34minggu masih belom mw muter juga. Setres donk gueh, malah waktu itu muncul flek2 juga, sampe harus periksa dalem. Alamak sakitnya ampun2an. Guah ga tw kenapa, sampe dikasih obat segala. Untungnya sih fleknya bukan masalah serius yah.

Sampe akhirnya usia kandungan ude masuk 36weeks, si dokter A langsung vonis gueh harus SC. Soalnya kepala si fay kagak pindah2, dsitu2 aja. Trus si dokter A ini mulai deh tuh ya ngomongin soal operasi. Mak di omonginnya bikin takut pula, klo operasi mesti pake dokter bedah laen ( jd bukan dy yg ngebedah gueh), trus pilihannya mw dibedah vertikal ato horizontal. Kenapa ada pilihan begituh, karna gueh punya bekas operasi di bawah puser persis secara vertikal. Klo gueh pilih dibedahnya lwt bekas luka yg itu, usus gueh mesti dikeluarin bla bla bla. Puanjang penjelasan yg bikin guah malah makin takut donk yah. Trus klo milih SC yg sperti biasa nantinya gueh bakal punya bekas luka bentuk jangkar (penting yak buat perempuan bekas luka). Tapi gueh dengernya ude syok duluan euy. Mulai deh gueh jd spanning kepikiran macem2.

Karna waktu itu usia kandungan ude mateng yg bakal siap lahir jadi kel gueh menyarankan untuk tinggal di rumah nyokap sampe suami dateng, buat jaga2 klo sampe dadakan gueh mw lahiran. Jadilah guah ngungsi ke rumah nyokap dengan bawa tas persiapan persalinan. Guah ceritain rincinya nih yah. Setelah ketemu sama dokter A, gda jalan selaen operasi guah kepikiran tiap ari, takut mak. Belom kepikiran nanti sakit abs operasinya, mw jaga baby gmana. Ngobrol ama suami dy blg y udah, mw di apain lagi. Dy jg mulai prepare2 mw cuti.

Jadwal gueh ke dokter A itu setiap hari senin, nah dari senin sampe jumat itu ( udh tinggal di rumah nyokap ) kerjaan gue motong2in kapas sambil nonton korea. Salah beli kapas euy,harusnya yg bulet2, malah dapet yg gulungan. Selama seminggu itu pula badan rasanya udh berat, susah tidur, sesak napas, apalagi si fay dulu palanya demen nonjol2 di bawah dada bikin guah sesek. Ari sabtunya tgl 15 november, setelah ngobrol ngarol ngidul ama nyokap en kaka gueh, soal ketakutan mw operasi, kaka gueh nyaranin buat ke dokter Z, istilahnya nyari opsi kedua.  Kebetulan banget hari itu dy praktek jem 7 malem, jadilah malem itu gueh ke dokter Z. Pas di priksa gueh ngomong jujur ama dokternya, bisa ga gueh melahirkan normal biarpun pala baby ga di atas atau msh ada kemungkinan muter ga kepalanya. Gueh inget banget waktu itu saking takutnya operasi, gueh doa rosario tiap ari minta si fay palanya muter. Tapi ternyata pas di USG ( dengan alat yg ga secanggih di RS MK ) dokternya lgs bilang "wah ini dy kelilit tali puser, (sambil usg en liat monitor) tuh sampe 2x, klo cm sekali saya msh beraniin km normal" .... rasanya, gueh lega lho en malah jadi pasrah banget. Akhirnya ketauan kenapa dy gmo turun kepalanya en sering ndusel2 dada mamanya. Gueh jd merasa agak bersalah karna maksa2 dy muter. En kesel ama si dokter A, masa dy ga tw sih. Padahal alatnya lbh canggih. Huh... malah si dokter Z inih ngasih liat ada garis di leher baby nya. (Maksudnya tali puser itu) . Si dokter jg bilang berat bayinya juga kurang ( selama ini dr A cm blg beratnya normal en baik2 aja ) . Jadi guah punya waktu seminggu buat milih tanggal operasi en ngegedein lagi babynya. Aduh aku terharu deh,,di saat2 trakhir mw lahiran gituh menemukan jawabannya. Untung ketauan yak.

Oke mari lanjutkan ceritanya di post selanjutnya karna bakalan super panjang...

Saturday, May 28, 2016

My 1st Kristik Project

Post kali ini hal yg fresh dulu yak, setelah kemaren ber throwback ria. Nanti guah lanjutin pasti throwbacknya. Secara sperti kata Mira kemaren. Baru turun gunung nih, jd banyak yg mw di tulis. Hehehehehe...

Sesuai judulnya, kali ini guah mw bahas soal kristik. Ada yg tw ga yah definisi kristik itu apa? Klo gueh yg definisikan sih kristik itu merupakan gambar dari kain yg terdiri dari kotak silang benang warna warni. Wakakakakaka... pastilah salah ini mah. Yah lebih tepatnya googling sendiri ajah deh. Pokonya begitulah. Dari jaman gueh SD gueh sangat amat tertarik ama kerajinan tangan, macem kek nyulam, jait, ronce, bahkan pernah rajut. Tapi ga pernah gueh dalemin lebih lanjut. Inspirasinya dateng dari nyokap gueh. Dia tuh suka banget bikin macem2, mungkin itu jg yg buat dy dipercayakan ngajar KTK dari jaman baheula, soalnya ada aja idenya buat bebikinan macem2. Di rumah nyokap sendiri ada 3 gambar gede2 hasil kristikan nyokap. Gueh blg gede2 karna emg lbh dr stgh meter semua. Nyokap bilang itu buatnya makan waktu setahunan bok. Iyah luama, secara kristik model dulu itu polanya di kertas, klo kita sampe salah itung pola, mamam deh tuh. Bukain satu satu yg salah, trus ya ulang lg dr yg salah itu. Jadi klo luh udh ngerjain banyak trus baru ketauan salah, y gituh deh... siap2 nangis bombay. Wakakakakaka

Jaman SMA apa awal2 kuliah dulu guah pernah minta ama nyokap dibeliin paket kristik, karna niat banget pengen nyoba bikin. Akhirnya ama nyokap dibeliin lah yg gambar Last Supper ( Perjamuan Terakhir ) . Lagi asik2 bikin udh setengah, ada benang yg abis. Udh cari kemana2 warnanya ga dapet, gda yg sama persis. Udh deh terbengkalai begitu ajah tuh kristikan. ( yg sampe skrg ditagih2 nyokap suruh selesein) hahahahaha... sebel kali dy udh dibeliin kagak selesai. Sayang banget yak, padahal bikin setengah ituh perjuangan jg lho. Ngerjainnya ber3 ama kaka gueh.

Waktu akhir tahun kemaren, guah mengalami kebosanan tingkat akut. Rasanya mau cari2 kegiatan lain ( baca bukan kesibukan ya, klo sibuk mah pastilah, pan kudu ngurusin bocah ) , en gueh terpikirkan banget ama kristik mengkristik inih. Saking bosennya guah baca ulang novel harry potter dr 1-7 hanya dalam waktu sebulan. Novelnya selesai dibaca, mulai gatel kan cari2 mau ngapain skrg. Jujur aja sbenernya gueh suka masak, baking gituh. Tapi dapur gueh belom memungkinkan deh buat baking2an. Gada ovennya juga. Nah mulai lah waktu itu searching di mbah google paket kristikan. Lalu tertarik lah guah sama gambar 9 koi. Ko cakep amet yak klo nanti dipajang dirumah. Usut punya usut ( maksudnya googling) arti gambar dr 9 koi ituh bagus. Katanya sih ya bawa rejeki gituhlah, trus jadi kebayang2 teruslah, sampe akhirnya renovasi rumah direnovasi, makin menggebu2 deh ituh mw bikin krisitk 9 koi.  Saking niatnya semua olshop kristik gueh tanyain satu2, sayangnya pada abis. Ada satu toko yg nyedian PO ready Juni. Yah drpd gda kan, jd gueh deal ajah deh ikutan order. Tau-taunya seminggu kemudian ada lagi model 9 koi, untung gambarnya beda. Hehehehehe...

Apakah kristik project gueh ini gambar 9 koi? Oooo... tentu bukan... hahahahaha... karna waktu itu gueh pikir msh lama, jd untuk pemanasan gueh cari2lah yg ukuran kecil. Itung2 sekalian latihan,biar nanti yg 9 koi bisa rapi. Ngerjain ini aja prosesnya 2 bulan lho. Ya maklum, namapun msh ngurus bocah yekan... jd emg kristik itu nyambi2 ajah. Nah ini guah jabarin by gamnar aja yah ( lha padahal ceritanga ude panjang lebar begonoh). 😁😁😁😁

Awal mula. Foto2nya ada yg gueh ambil dari instagram, soale yg aslinya udh gueh apus.

Seminggu kemudian. Baru mukanya aja yg jadi.

1.5 bulan kemudian. Akhirnya kepala bride ama groomnya jadi juga. Lama yak... gueh ngerjainnya ga fokus satu tempat sih. Jd awalnya abs ngerjain muka itu gueh mw beralih ke kepala bridenya, tp klo benangnya masih ada drpda ribet gonta ganti, jd ya gueh abisin dulu deh di tempat yg beda2. 

It's done but not finish yet. Masih harus di backstitching en dicuci dulu.
Nah ini perbedaan di backstitching dan engga. Yg groom udh full backstitching sedangkan yg bride engga. 

Ini proses pencucian. Ga perlu dikucek, cukup direndam pake aer anget plus detergent dikit (ini pake sleek) . Trus rendem aja selama 30 menitan ato sampe pola2 gambarnya ilang. Gambar sebelah kanan setelah 5-10menitan direndem.

Setelah ditiriskan, jgn lupa andukan donk. Maksudnya ilangin air2nya gituh. Taruh aja di anduk putih, kemudian gulung sambil agak ditekan. Bukan diperas ya.
Kemudian taruh secara mendatar di tempat yg banyak angin. Maksudnya di angin2in gituh... tunggu sampe benar2 kering.
Klo udh kering, disetrika. Bagian belakang bisa disetrika sperti biasa, tapi klo mw nyetrika bagian depan dialasin kaen tipis dulu.


Yeay... it's FINISH!!

Sampai jumpa di project kristik lainnya. 😚😚

Monday, May 23, 2016

Selama trimester pertama (waktu itu)

Lanjut ah ceritanya...

Jadi pas hari jumat malemnya tgl 28


, pergilah kita ke klinik atau RS Permata Hati. Sebelumnya udh pasti bikin janji dulu by telpon, soalnya dokter yg gueh kunjungin ituh ruamenya ampun2an. Dapet rekomendasi emang dr temen, en dy dokter yg plg bagus dsituh. Selain ituh klo ga salah dy salah satu yg punya deh. Lupa2 inget lah gueh...Aih mak, masuknya luamaaaa banget. Saking banyaknya itu antrian. Mana kita deg2an pula kan, guah sih yg brasanya deg2an. Ga tw deh tuh pak suami brasa deg2an jg ato engga. Guah sih liatnya dy santai aja.

Akhirnya giliran gueh priksa, biasalah ditanya2 HPHT kapan, trus telat berapa hari. Dokternya seinget gueh ga banyak omong, langsung suruh gueh tiduran bwt USG. Di kota yg menurut gueh ga besar, peralatan RS inih oke punya lho. Guah suka banget deh, jd klo kita tiduran lgs ada tivinya, trus kan suami duduk di meja dokter, nah di mejanya jg ada komputer yg bisa ksh liat usg nya. Jd total 3 layar yg nampilin USG nya. ( inih seingetan gueh aja yah)

Pas di USG dokter cm bilang, "wah iya nih ada kantong hamilnya, tp msh samar2 ya. Perkiraan usianya 4-5minggu". Udh selesai di USG en kita duduk lg, dokternya cm bilang "saya ga bilang km ga hamil, tp kita liat 4 minggu lagi ya. Ini saya tetep ksh vitamin n penguat."
Enak yah ngomongnya, adeeemmm... karna di hari seninnya guah ada acara mw trip sehari ( ceritanya bisa baca di sini ) bertanyalah guah sama si pak dokter, boleh berenang or snorkling. En dokternya menegaskan bilang ga boleh. Wakakakakaka... emang gueh ekstrim banget yak. Untung gueh ke dokter tuh, klo engga mah nekat aja kali gueh. Secara belom ada rasa apa2, kek biasanya ajah. Cuma setelah tw gituh, guah lgs beli susu hamil. Iyah biarpun tw kondisinya lg hamil yg msh diragukan ituh, guah tetep nekat ikutan trip. Lha drpda nyepi bener2 kesepian kan.

Nah 2 hari setelah pulang trip, tiba2 guah flek donk. Panik luar biasa euy. Tiap mw pipis deg2an bawaannya. Flek nya emang ga banyak, cm tetep aja guah parno. Akhirnya setelah cerita2 sama kaka gueh, gueh disuruh bedrest total.  Gueh turutin aja, tpi sampe malem gueh msh flek. Besokannya gueh mutusin k Permata Hati, tp dokter yg kemaren gueh periksa lg cuti en gueh jd ga di apa2in jg. Karna kan belom tw kepastiannya hamil apa engga. Aduh rasanya mw nangis luar biasa, manalah gueh sendirian. Sama suster disana disuruh check ke dokter yg lain aja, tp gueh mintanya di hari jumat, biar ada pak suami yg nemenin.  Hari jumat pun tiba, ke dokter yg gueh lupa namanya, takut banget gueh pokonya. Cerita pendeknya pas ke dokter ituh di USG dy bilang gueh mungkin ga hamil,soalnya dinding rahimnya lg menebal, dimana biasanya terjadi klo mau menstruasi. Ish kalut banget guah waktu itu. Tapi suami bilang, ya udh klo emang belom rejekinya. Tp tetep aja gueh sewot ama tuh dokter. Enteng bok ngomongnya. Untungnya sih flek itu ilang sendiri. ( yg mana ternyata selama kehamilan suka datang en pergi )

4 minggu menunggu dengan dag dig dug, akhirnya waktu pemeriksaan lagi. Pasti ga sabar rasanya. Inget banget waktu itu tgl 24 April, kebetulan temen gueh si Eva lagi liburan ke Lombok. Pas USG kantung en janinnya terlihat jelas. Hehehehehe... ( ceritanya di sini )

Sebenernya 2 minggu setelah periksa pertama itu guah mulai ngerasain mual2, en ga bisa minum susu hamil. Ga ush minum or nyium baunya, ngebayanginnya aja udah mabok. Trus mualnya jg ga cm pagi doang, sepanjang hari. Selama hamil guah cm 2x muntah hebat, sisanya yg cm oek2 doang. En paling sensitif ama bau2an. Gueh yg dulu demen banget ama pewangi baju en ruangan. Mendadak bakalan mual en infil klo nyium bau2an. Tappiiii... klo udh kluar kost an, aku ga mabok. Jadilah trimester pertama kemaren gue lewatkan dengan trip2 sehari bersama YOURTRIPMATE.

Waktu Eva lg di lombok, gueh ke gili trawangan, sayangnya ga bisa snorkling. Seminggu setelahnya gueh jalan2 ke Lombok barat, trus ga berapa lama gueh jalan lagi ke pulau Kenawa. En ga mabok sama sekali. Cm emang bawa perbekalan cukup banyak bwt di jalan, biar ngemil terus. Jadi biarpun mabok, asal liat pantai sirna begituh saja.

Sekarang jd rindu mantai deh. Sejak pulang lg ke Jakarta, ngelahiriin, en anaknya mw umur 2 tahun gueh belom ke pantai2 lagi. Kangeeennnn... ( eh ini cerita kenapa jd melantur kemana2 yak)

Pokonya singkat cerita, di sekitar bulan Juni guah ama suami akhirnya balik ke Jakarta. Cerita selengkapnya di post berikutnya aja yah. Nih gueh ksh poto2 waktu bumil sukanya mantai. (Yg follow instagram gueh pasti familiar lah ama foto2 ini)



Gili Lontar, Ini waktu hamil 10 minggu



Waktu usianya 12 minggu, en dy madep belakang

Pulau Kenawa, Sumbawa. Hamil 13/14 minggu

Sebelom pulang ke Jakarta, hamil 16minggu

Friday, May 20, 2016

What to Expect when you're Expecting

Setelah dipikir2 baiknya guah cerita dr awal mula pas guah tw hamil lewat Testpack. Waktu itu seinget guah sekitaran bulan Maret guah ada pulang ke Jakarta karna pak suami dapet cuti, akhirnya setelah 4bulan hidup di Mataram, bisa ke Jakarta juga. Nah yg paling guah kangeni ituh makanannya, dmana semua macem makanan ada en enak2. Hehehehehehe... soalnya selama tinggal di mataram guah kurang cocok ama makanan sana.

Nah pulang dr Jakarta, guah sempet berasa badan ko rasanya cape mulu, udh gitu sensitif banget bawaannya. Guah inget banget, hari minggu tanggal 23 Maret 2014, pagi2 guah iseng test pack, padahal telat ajah belom. Perkiraan dapet harusnya tgl 24 dan hasilnya negatif. Guah jd bete banget, sampe2 guah blg ama sik suami, "pokonya klo pulang ke Jakarta lagi kita periksa ya!"
Siangnya sebelom suami balik ke sebrang (iyak dulu biarpun guah pindah ke Mataram, tetep ketemu suami seminggu sekali jg), guah ama dy brantem ampe2 dy brgkt jg msh kesel2an. Lupa jg sih guah masalahnya apa.

Malemnya guah nonton di foxchannel filem "What To Expect When You're Expecting", guah nontong ituh sampe nangis meraung2 lho. Brasa banget sama apa yg guah alamin. Jadi cerita filem itu garis besarnya soal beberapa pasangan yg hamil. Cerita dr sebelum hamil, pas hamilnya, sampe akhirnya ngelahiriin. Dengan masalah yg beda2. Seru lah pelemnya, yg maen banyak yg terkenal. Ada yg pernah nonton juga?

Nah selesai nonton ituh sambil nangis2 guah ambil testpack td pagi (emang guah ga buang hasil testpacknya), guah liat2 tuh, kok brasa ada 2 garis, tp yg satu samaaarrrr banget. Hampir ga kliatan. Guah sampe ambil testpack dr hasil bulan2 sebelumnya yg emang negatif. Garis 2 nya itu harusnya dmana. Deg2an lah yah... malemnya susah tidur. Besokannya guah bingung, mending beli testpack lg apa nunggu telat dulu.

Hari seninnya tgl 24 Maret, karna kepikiran terus, akhirnya guah memutuskan untuk borong testpack. Wakakakakaka...asli niat abis. Guah borong onemed yg murah, sensitif yg kecil, sama sensitif yg kek bolpen ituh. Niatnya buat besok ajah sekalian tunggu hari itu mens nya kluar atau ga. Tiap pipis pun bawaannya deg2an banget deh, kluar ato ga darah mens nya. Tapi ya namapun penasaran sorenya guah coba lg testpack donk ampe 2x. Hasilnya garis itu samar banget. Malah hampir ga kliatan. Aduh pokonya mah deg2an pisan deh.

Hari selasa tgl 25 Maret pagi2 guah coba lagi ampun msh hampir ga kliatan. Aduh guah cm bisa merana diem en berdoa aja wakth itu. Setiap pipis pun msh deg2an bakalan kluar ato ga. Nah tanggal 26 Maretnya, pagi2 guah coba lagi TP en munculah 2 garis pink yg samar tp terlihat. Akupun terharu mengharu biru walopun tetep deg2an. Klo di itung2 soale baru telat 3 hari. Guah akhirnya nanya2sama temen di Mataram soal spog yg bagus siapa, dimana. Trus dikasih lah satu nama dokter en rs kecil khusus buat kehamilan, melahirkan, en anak. Namanya Permata Hati (soal klinim inih nanti guah ceritain lbh jauh).

Hasil TP tgl 26 Maret 2014

Maap yak klo tulisannya jd center, guah g tw cara balikinnya ke kanan lagi. Hehehehehe....
Tgl 27 Maretnya pagi2 guah TP lagi en biarpun samar tapi 2 garis kluar. Alamak, langsunglah guah kirim foto TP nya ke pak suami. Waktu tanggapan suami cm blg apa tuh? Yakin? Hahahahahaha... akhirnya guah maksain suami hari jumat ke dokter kandungan. Di bawah ini ada urutan TP yg guah ambil dr tgl 23 -27 Maret. Biar jelas garis 2 nya ituh. Hihihihihi...


Ini foto yg guah kirim ke pak suami.  Backgroundnya itu belakang tempat ruang cuci en jemur waktu ngekost di Mataram.

Ini TP tgl 28 Maret. Udh cukup jelas yak. Itungannya brarti telat 5 hari. Sorenya guah ke dokter Abdul Thoriq (bener kagak ya namanya, udh lup euy).

Cerita ke dokternya guah lanjutin di post selanjutnya aja yah

Thursday, May 12, 2016

Hai i'm back!!

Hallo blog apa kabar??
Lama banget yah udh ga nyentuh ini blog, udh tinggi bener ilalangnya. Akhirnya guah nulis post inih pake aplikasi blogger. Ish kenapa jg ga dr dulu yak. Guah menghilang dr dunia blogger gegara laptop rusak waktu kemaren di mataram. Itu penyebabnya guah jd males ngepost, karna biarpun waktu itu dipinjemin pak suami laptop, brasa aja bedanya gituh ama laptop sendiri. Trus sok-sok an minta dibeliin smartphone yg rencananya buat nulis blog lagi, eh tau2nya yg ada malah keasikan maen hay day, candy crush ama instagram.
Wakakakakaka. En tingkat kemalasan paling utama ituh soale lagi awal2 hamil, dmana mw ngapa2in malesnya ampun2an.

Hemmmm...jd agak bingung sih mw nulis darimana, kangen banget emang nulis2. Sebenernya sih niat pengen nulis blog lagi karna pengen ngeshare soal depresi pasca melahirkan yg akhir2 entah kenapa jd bersliweran di timeline fesbuk guah. Guah ngerasa harus aware banget ama masalah ug satu ituh. Sampe2 pernah guah jadiin status di fesbuk. Sbenernya klow dirunut bakal panjang banget, bahkan akarnya ada di masa2 kehamilan.

Pengen ceritain secara realnya, tapi banyak banget sangkut pautnya sama orang2 terdekat. Takutnya malah jd tersinggung ato guah di cap jd pengumbar masalah pribadi. Padahal disitulah sangkut pautnya masalah depresi itu. Uh sayangnya blogger ga bisa yah protected post.

Semoga aja guah bisa urai ceritanya tanpa harus membebani segala pihak yg nanti tersangkut paut dalam cerita guah. En harus ijin pak suami juga sih 😁

Wednesday, April 30, 2014

The Best Gift I've ever had... Thank You God...

Mataram, 30 April 2014

Hello baby....
Selamat datang di rahim mama...
Sebelum mama tw kamu hadir, mama sempet bilang sama Tuhan, tahun ini minta kado ulang tahunnya baby ajah, eh ternyata Tuhan kabulin permohonan mama. Rasanya seneng dan terharu.

Dua hari sebelum mama ulang tahun, mama pergi ke dokter, namanya dr. Agus Thoriq, orangnya baik dan ramah. Saat itu pertama kalinya mama liat km ada di dalam rahim mama, biarpun bentuknya masih gumpalan, tapi dari situ mama yakin, km sehat dan bertumbuh. Umur kamu 8 minggu, "Mudah-mudahan cowo" begitu kata om dokter,  papamu juga bilang cowo, tapi apapun jenis kelaminmu, mama seneng-seneng aja.

Sebulan sebelumnya mama sudah ke dokter, tp dokter belom berani bilang klo mama hamil, jadi selama sebulan mama diliputi keraguan dan ketakutan. Tapi doa mama terjawab sudah, kamu hadir dan puji Tuhan sehat. 

Sehat terus ya nak, semoga kamu bertumbuh dengan baik, sehat, dan sempurna.

Love u  our dearest...

love,

Mama & Papa
 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo