Monday, June 24, 2013

apa itu keadilan??

kenapa...kenapa...kenapa???
ada kejadian apa???
engga koo...engga ada kejadian apa-apa...kemaren ini mpok gueh alias kk gueh, tiba-tiba komenin notes lama gueh di fesbuk...inih notes mgkn 2-3 tahun lalu, en pas gueh baca ulang, entah kenapa pengen ajah gueh shared di blog...gpp kan yaaa...
selamat membaca...

Pada saat perjalanan pulang td ketika di angkutan umum,tiba2 saya menyadari sesuatu tentang materi yg td saya ajarkan n bahas di dlam kelas 9...kemudian saya berpikir dan menemukan serta menyadari sesuatu...
Kebetulan hal tsb berkaitan dgn materi kami yaitu seputar keadilan...lalu saya sempat memberikan contoh di kelas tntng pengalaman saya yang baru saja mengalami ketidakadilan...(Yg tentunya saya sensor sana sini cerita tsb)

Jadi inilah hasil dr pemikiran saya sore ini...

Bagaimana stiap manusia sangat mudah dan gampang sekali mempunyai pikiran buruk tentang sesamanya sendiri...kadangkala tanpa kita sadari,tanpa kita telaah lagi,kita sebagai manusia selalu saja berprasangka ataupun menyalahkan orang lain atas setiap permasalahan ataupun kejadian buruk yg kita alami. Padahal kalau kita lihat dan berkaca pada diri sendiri,seringkali kita lupa kalau setiap permasalahan dan kejadian buruk yg datang pada kita ataupun menimpa kita mempunyai sebab dan akibatnya... Seharusnya itulah yg kita pikirkan,pernahkah selama ini saya melakukan hal yg sama pada org lain, atau plg tidak pernahkan kita memperlakukan org lain ataupun menyakiti org lain dengan perbuatan atau perkataan kita.

Mungkin saja ini karma yg harus kita tanggung atas perbuatan kita yg kita lalukan kemarin, lusa, sminggu lalu, sbulan lalu, stahun lalu, 5 tahun lalu, bahkan mungkin 10 tahun lalu atau lebih. Perbuatan2 yg mungkin kita ga sadari telah menyakiti hati orang lain,perbuatan2 yg kita anggap itu adalah hal yg wajar atau biasa saja. Tapi kita tidak pernah tau prasaan yg berkecamuk dalam diri org2 yg kita sakiti.

Lalu kita merasa diperlakukan tidak adil, dan yg kita lakukan adalah menyalahkan org lain,menyalahkan keadaan, dan yg plg prah menyalahkan Tuhan yg membuat kita mencari keadilan untuk diri kita sendiri dengan cara apapun yg menurut kita benar. Kita akan mengeluarkan pembelaan diri mati2an untuk diri kita,menceritakan pada org2 bahwa kitalah korbannya,bahwa kitalah yg disakiti. Padahal menurut saya,keadilan bukan d dapatkan dgn cara seperti itu. (Itu menurut saya)

Berkaca dari masalah saya dan nasihat yg diberikan oleh mama saya tersayang (sususuiiiitttttt) buat apa kita melakukan pembelaan diri, buat apa kita menjelaskan macem2, buat apa kita membalas perlakuan buruk org lain terhadap kita. Jadi biarkan saja org2 berkata apa,biarkan saja org lain menganggap kita buruk, biarkan saja org2 berpikiran negatif tentang kita. Saya percaya Tuhan melihat stiap perbuatan,perkataan, dan pikiran kita. Kita tidak perlu membela diri sampai mulut kita berbusa2,karena nanti kenyataan dan pembelaan datang bukan dr mulut kita sendiri tp dr orang yg memang tahu kebenarannya. Sooo don't worry be happy aja klo kita lg merasa diperlakukan tidak adil...

Percaya Tuhan ada dan kita akan mendapatkan keadilan dari Dia melalui org2 tidak terduga. Just pray n perlakukan org lain dgn adil, bijaksana, baik serta didasari ketulusan hati...

Lagi2 tulisan ini tidak bermaksud menyinggung ataupun menyakiti hati org lain,karena memang ini benar2 dr dalam hati saya dan hanya menurut saya. Yg tidak setuju ataupun tidak suka, sebelumnya saya minta maaf yg sebesar2nya.
Peace, love, n gaul...hahahahahaha

5 comments:

Arman said...

yah namanya juga manusia ya... gak sempurna.. kadang bisa merasa gak diperlakukan adil, merasa ini, merasa itu.... manusiawi lah.. asal jangan sampe menggerogoti diri sendiri aja karena dibawa stres :)

AiPy said...

Kalo kata boss gw didunia ini emang tidak ada yg namanya keadilan and you have to deal with it.. :D

Ludovira said...

setujuuu koo...

Ludovira said...

mungkin balik ke orangnya masing-masing kali ya

Nonikhairani.wordpress.com said...

Dunia emang gak adil hihi

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo