Tuesday, February 12, 2013

cerita soal KPP

holaaaaaa....

weekend kemaren, di hari Sabtu n Minggu akhirnya gueh n Mr. Pit telah menyelesaikan KPP dengan sukses.... *joget-joget* ... untungnya ikut KPP nya berdua, kalo engga garing banget dah ah... Buat yg bukan katolik pasti g tw deh KPP itu apah, tapi buat kita-kita yang mw nikah secara Katolik emg mesti banget kudu n wajib dah buat ngikut KPP.

KPP itu singkatan dari Kursus Persiapan Perkawinan. Nah isinya sendiri sudah dibikin sama semua dari pihak KEUSKUPAN JAKARTA, cuma tinggal pelaksanaan nya aja yg beda-beda di setiap dekenat. Klo Dekenat Bekasi sendiri punya jadwal pelaksanaan stiap bulan sekali di tiap paroki-paroki yg ada di Bekasi, dilaksanakan selama 2 hari, ada yg hari sabtu minggu kek kemaren gueh, ada juga yg minggu en minggu berikutnya. Waktunya dari pukul 08.00 - 16.00 *mamam tuh*... Sedangkan di Dekenat-Dekenat lain ada yg dilaksanakan selama 3 hari lhooo, tapi waktunya beragam, klo g salah inget ada yg dimulai jumat sore, dilanjutkan di hari sabtu n minggu berikutnya. Jadi buat kamu yg mw ikut KPP sesuaikan aja sama jadwal kalian bisa, di Paroki mana aja ga masalah ko, yg penting nanti sertifikatnya.

Seinget gueh waktu jaman dulu sepupu gueh ikut ginian, dy sampe berbulan-bulan di setiap hari minggu. Tapi emg belajarnya juga cuma 2 jem. Nah sekarang gueh baru sadar deh, 2 jem waktu itu mereka ngapain ajah. Acara KPP ini emg dibagi-bagi menjadi beberapa sesi dengan tema yg berbeda, pastinya stiap tema berhubungan sama soal pernikahan. Mungkin dulu yg sampe berbulan-bulan itu karna satu kali pertemuan membahas satu sesi, sedangkan kemaren ini sehari bisa 3-4 sesi. Gueh jabarin aja yah apa aja sesinya.

Hari 1 - Sabtu, 9 Februari 2013

Diawali dengan pembukaan sambil diajak nyanyi2 n joged... etapi sik Mr. Pit ini kaku banget, gamo ikutan gituh, cuma bisa tepok-tepok doang, lama2 muka lu gueh tepok beyb... *garuk2 tembok* mungkin ceritanya dy mw sok cool dah ah... setelah itu dimulai perkenalan dengan para panitia yg isinya adalah para pasutri yg sudah berhasil melewati biduk pernikahan lebih dari 10 tahum bahkan ada yg sudah 35 tahun *saluutttt* *tepok tangan* ... nah sama Pasutri ini ada beberapa kalimat yg membuat gueh .... *engga tw mesti ngomong apah* tapi bakalan gueh inget2 terus dalam membangun rumah tangga ... 

"PERNIKAHAN ITU BAHAGIA SEUMUR HIDUP, PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP, BERJUANG DAN BERKORBAN SEUMUR HIDUP"
~ PASUTRI AGUNG CHRISTIN~
Kemudian dilanjutkan dengan sesi yg terberat dulu nih HUKUM & MORAL PERKAWINAN serta LITURGI PERKAWINAN yg dibawain sama Romo Victor Bani. Anehnya biarpun ini materi terberat katanya, tapi dari 2 hari itu, sesi ini yg plg bikin g ngantuk ... hahahahahaha... en Mr. Pit pun setujuuuu... *tosss* ... emg sih klo lagi bawain misa pun ini Pastor asik banget homili nya, g kek Romo yg laennya suka marah-marah... Intinya sih penjelasan perkawinan secara Katolik mulai dari persiapan, pertunangan, sampe akhirnya sakramen. Ada juga dijelasin soal pernikahan antara Katolik dengan Non Katolik, Katolik dengan Non Kristen. Terutama dan pasti dalam perkawinan Katolik itu SATU UNTUK SEUMUR HIDUP, APA YANG SUDAH DIPERSATUKAN TUHAN, TIDAK BOLEH DICERAIKAN MANUSIA. Ada juga deh tuh penjelasan buat mereka-mereka yg mw berpisah, atau sudah menikah en kepengen nikah lagi. Si Romo ini pun mengakui, emg paling ribet itu nikah secara Katolik, banyak beut aturannya. 

Soal Liturgi Perkawinan sendiri pastinya harus mengikuti deh, sampe soal lagu aja ada ketentuannya tuh. Ga boleh ada lagu pop *padahal mw pake lagu Celine Dion* , tapi klo di Katedral katanya boleh, lhaaaaa trus kenapa g boleh klo sama-sama buat sakramen yaaa... Tiap Paroki pasti punya peraturan masing-masing deh.

Setelah makan siang dilanjutkan kembali dengan materi PANGGILAN MENJADI ORANG TUA yg dibawakan sama pasutri *siapa yg namanya? kumat kan pikunnyah* ... yg isinya sih tentang setelah menikah itu pasti akan menjadi orang tua, nah jadi agak dikasih penjelasan tentang menjadi orang tua serta tugas dan tanggung jawabnya. Oya biasanya sebelom sesi itu pasti ada pertanyaan-pertanyaan yg dbikin sama pembawa materi en kita harus jawab. Intinya pertanyaan itu sih untuk menyatukan visi dan misa kita untuk menjalani sebuah pernikahan. Jadi masing-masing saling tau lah apa yg ada di pikiran masing-masing. Tapi ya lagi2 sik Mr. Pit ini entah terlalu cuek atau emg dy g mw ngeluarin, jawaban yg dikasih selalu standar abiessss... sempet bikin gueh bete banget sama jawaban-jawaban dy, kek gda niatnya gitulah... hufffftttt

Untuk Sesi trakhir yg katanya paling seru dan selalu ditunggu-tunggu SEKSUALITAS DALAM PERKAWINAN malah ngebosenin donk. Ngebahas sih awalnya pengenalan sistem reproduksi pria dan wanita, yg dilanjutkan dengan penjelasan-penjelasan soal fungsi seks dalam pernikahan, siklus pembuahan, masa subur, sampe soal sistem KB yg diakui oleh gereja Katolik *ribet lagi kan* ... Gueh pun mencari kesibukan dengan melakukan lipat melipat origami yg harus dibuat untuk pendukung dekorasi sekolah. hihihihihi... sampe sik Mr. Pit sempte kesel karna kerjaan gueh ya sibuk melipat ....


Pulang dari KPP ya kita pacaran donk aahhhhh....

Hari 2 - Minggu, 10 Februari 2013

Hari kedua ini dimulai dengan nyanyian-nyanyian dan joged-joged kek di hari pertama, kemudian setelah pemanasan sesi pertama pun dimulai membahas KOMUNIKASI SUAMI ISTRI. Dijelaskan tentang cara-cara berkomunikasi yg baik setelah menjadi suami istri. Tentunya di awali dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat sih. Isinya tentang seberapa mengenal kebaikan pasangan. Seperti biasanya Mr. Pit menjawab dengan sangat standar dan gueh menjawab dengan penuh puja puji *curiga gueh kena susuk nih* ..... hahahahahahaha... Selama gueh menjalani KPP ini emg dalam setiap sesi yg dibawain pasutri pasti isinya sharing mereka dalam menjalani pernikahan mereka dan kejadiannya pasti yg sesuai denga materi. Klo menurut gueh sih sharing-sharing yg dikasih itu cukup berguna yaaaa....

Dilanjutkan dengan PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA, jadi kita di ajarin deh manfaat memiliki perencanaan keuangan dalam keluarga, karena alasan tertinggi kedua dalam perceraian adalah masalah ekonomi stelah perselingkuhan. Bener juga sih emang yaa....karna keuangan itu masalah krusial jadi memang perlu perencanaan matang en saling terbuka satu sama lain. Eh karna kebosanan tingkat tinggi terus melanda akhirnya gueh pun sibuk melipat-lipat lagi en kali ini dbantu sama Mr. Pit... hahahahaha *ciom pacal* ... baik sekali ya dy... 

dan inilah hasil lipatannya
Setelah makan siang, kita dibagikan sertifikat dan buku MENUJU KELUARGA BAHAGIA, akhirnya kita berdua LULUS dan dapet sertifikatnya, jadi perjuangan kita akan dilanjutkan dengan mempersiapkan KANONIK, yg ini lebih banyak lagi berkas-berkasnya. Jadi sambil menunggu waktu, ngumpulin dikit-dikit deh.

Ini penampakan sertifikat dan bukunya
KPP ditutup dengan misa yg dibawakan oleh ROMO AJI, n pada saat homili sedikit dibahaslah soal membangun sebuah perkawinan secara iman Katolik. Biarpun dipenuhi keribetan, tanpa didasari unsur SARA, gueh sangat mencintai KATOLIK, mungkin karna didikan dari bonyok yah, biarpun orang-orang bilang misa nya itu membosankan dan monoton, tapi gueh mencintai setiap SAKRAMEN yg ada. Padahal dari gueh TK sampe SMA , skolah di sekolah KRISTEN yg cukup kental... hihihihihihi... doa gueh dulu setelah putus sama mantan pacar yg beda agama adalah menemukan sesosok pendamping hidup yg se-Iman, n gueh percaya Tuhan kirimin Mr. Pit buat jawaban doa gueh... itulah jawaban gueh klo ditanya kenapa gueh pengen meried sama dy... I LOVE Mr. Pit, but LOVE JESUS most , off course FATHER and MOTHER MARRY too...

Yg gueh dapetin dari KPP selama 2 hari kemaren, pastinya dasar-dasar dalam membangun sebuah kelarga dalam Iman Katolik. Gueh sangat berterima kasih sama pasutri-pasutri yg telah meluangkan waktu mereka untuk mengsharingkan rumah tangga mereka. Pastinya informasi dan ilmu yg gueh dapetin bakal gueh pake nantinya.

Oya pulangnya gueh sempet-sempetin deh mampir ke tempat om gueh buat ngerayain imlek...untung masih sempet ketemu nenek, om, n beberapa tante... lumayan kan *daripada lu manyun* dapet angao trakhir biarpun g banyak sih... ya tapi fotonya ketinggalan di kompi sekolah, besoklah saya lengkapi...


gueh juga mw ngucapin GONG XI FAT CAI ... smoga tahun uler air ini banyak membawa berkah buat kita semua yaaa...

c u on next post yaaaa


12 comments:

Melissa Octoviani said...

mirip mirip kayak di kristen ya, cuma di gereja gua namanya bina pranikah... diadain 3 hari juga, tiap sabtu.. cuma mulainya abis makan siang... jam 13.00-19.00 hahahaha...

minggu depan nih baru mulai kelasny hahaha...

Arman said...

hahaha emang KPP itu membosankan ya... :P

Angels said...

Gua masih nunggu bulan Mei nih buat KPP. Nunggu jadwal di Gading :)) Tapi mo nanya2 lagi ah blan ini, boleh daftar skrg apa nanti aja pas udah deket. Akhirnya KPP lu dah beres yah :D Dah berkurang 1 dari list :D tinggal urus sipil dsb.

Maria Ludovira said...

semangat mel...

semoga g ngebosenin, klo ngebosenin cubit-cubit ajah pacarnyah, ajakin becanda...
hahahaha

Maria Ludovira said...

setujuuuuu...
mungkin cara bawainnya aja sih man, sebenernya isinya berguna banget...hihihihihi

Maria Ludovira said...

Biasanya daftar nyah disuruh deket-deket aja ngel, nanti berkas-berkas luh keburu ketumpuk...yg penting smua berkas disiapin...hehehehe...

Iyah nih, satu bisul udh pecah...hihihihi...tinggal urus berkas kanonik sekaligus bwt sipil yg segambreng ... *elapkeringet*

Angels said...

Ooo. Kalo gitu gua perbaharuin surat baptis dlu ah. gua belon pecah2 telor nih yg KPP. Pengen buru2 kelarin deh. ><

melittlestory said...

Emang secara garis besar sih bosen ya.. tapi pas kpp dulu, yg masalah KB itu jadi seru banget hahaha sampe pembicaranya ngomong : ini saya jelasin cara KB tapi jangan di praktekin dulu ya, sabar sampe hari H merid ya hahahaha soalnya pas itu me peratiin banyak juga yang udah mau 30 tahun, yang 24-26 malah ga gitu banyak calonnya, Jadi mungkin udah mateng ya bahasannya hihihi Perencanaan keuangan juga lumayan seru, me sih jujur dapet ilmu banget tuh hahaha soalnya kadung salah sih, masih pake perhitungan lajang :p

Maria Ludovira said...

eh jangan perhabaharui dulu ngel...mending luh tanya, perlu ga, karena g semua paroki pas kpp harus diperbaharui surat baptisnya...

iyaaa...bawaannya pengen cepet kelar ya smuanya....

Maria Ludovira said...

iyaaa...malah pembicaranya udh ngomongin nya serba vulgar ajah, katanya g perlu malu2 lagi...hahahahahaha....

iya, soal keuangan juga, jadi ikut mikir nih soal pengeluaran yg keluar stiap bulan scara pribadi, n nantinya jdi berdua...belajar dah dikit-dikit....

TiffyTiffy said...

Ahhh duluan yaa dirimu... Aku baru besok nih, Vir..
Aku 3 hari penuh loh. Dari tgl 15-17. Mulainya jam 4 sore sampe jam 9 malem. *menari pasrah*
Trus yang hari minggu mulai dari jam 7.15 sampe jam 3. *baik hati sekali ya yg bikin jadwal*
Topiknya berarti smua sama2 aja ya, Vir? Cuma kalo di jadwalku, yg topik pembahasan Seksualitas di hari terakhir malah. hahahahah...
Kalo gitu aku siap-siap bawa kertas banyak ahh buat gambar2 kalo bosen..

Maria Ludovira said...

yah aku duluan nih tif...

smoga sukses KPP nya, menahan kantuk n bosan...tapi balik ke pembicaranya sih, klo pembicaranya enak en ngomongnya seru mungkin ga ngebosenin yaaaa...

Keknya sih sama smua tif, karna kan dari keuskupan juga tuh materinya...

Cemungud eeaaaa

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo