Friday, August 2, 2013

Sangjit oh Sangjit

Semua orang yg mw nikah pasti tau lah adat seserahan, dimana biasanya pihak keluarga cowok membawa berbagai macam benda yg diserahkan untuk mempelai wanita. Semua adat di Indonesia pasti ada ya kek ginian, cm biasanya benda-benda yg dibawa ajah ya beda-beda. Nah karna kebetulan si Mr. Pit inih keturunan Chinesse Makassar, en gueh dari nyokap juga ada turunan chinesse jadilah sepakat kita pake sangjit. 

Nanti sangjitnya bakalan dilaksanai seminggu seblom hari H, jadi sekitar tanggal 21 en 22 September. Nah kenapa ya mesti 2 hari, karena hari Sabtunya untuk seserahan dari pihak cowo ke keluarga perempuan, trus minggunya keluarga perempuan dateng ke rumah pihak cowok bwt hias kamar penganten, nah inih yg namanya gueh g tw paan, pokonya sih sangjit lah yah. Yang bikin gueh kelimpungan adalah bawaan yg ternyata sangat banyak macemnya, jd g kayak seserahan sangjit biasanya.

Okelah gueh jabarin ajah yah isinya :
Dari pihak cowo nanti pihak cewe kek bales gituh
1. Uang Susu & Uang Lamaran ~ ywang di ambil uang susu ajah
2. Perhiasan ~ dituker sama jem tangan buat cowok
3. Lilin & Wine ~ dituker sama Lampu hias & sirup
4. Kue Pia ~ diambil setengah
5. Permen ~ diambil setengah
6. Bolu (inih g tau berapa loyang) ~ dituker sesuai yg dibawa, klo pihak cowok bawa 2, kita juga harus nyiapin 2 loyang
7. Buah kaleng ~ ambil setengah
8. Buah-Buahan (jumlahnya g tw) ~ ambil setengah
apalagi sih gueh g tw yah...

Nah karna si Mr. Pit inih asal dari Makassar, yg adatnya klo sangjit pake keranjang sia-sia, jd si calon mami pengen juga nih pake keranjang ituh.

Penampakannya kek ginih nih
http://www.weddingku.com/store/default.asp#!home:tc=25

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=442251859688&set=a.189367314688.157684.188546859688&type=3&theater


Untuk yg gueh bawa buat ke rumah cowo ituh :
1. Perhiasan yg dibawa pihak cowo
2. Lampu hias sepasang (nah inih g tw nih, bakalan dibawa pas sabtu or minggunya)
3. Bantal (sepasang bantal pala, sepasang guling, en ssepasang bantal cinta mini) ~ NOTED
4. Seprei + Bedcover ~ NOTED (beli sampe 2)
5. Toples + isinya (permen) ~ NOTED (tinggal isinya, mgkn diambil dari yg dbawa pihak cowo)
6. Angsa dari handuk ~ NOTED (keknya mw beli lg deh handuknya,soalnya yg ini bahannya jelek)
7. Koper merah ~ NOTED
8. Daleman 12 ~ NOTED (masih kurang 3 pasang)
9. Baju tidur  6 & Lingerie 6 ~ NOTED
10. Mini Dress 4 ~ NOTED , Atasan 4 ~ NOTED (kurang 2), Bawahan 4 ~ NOTED (kurang 2)
11. Kosmetik : 
      - Foundation ~ NOTED
      - Bedak ~ NOTED
      - Eye Shadow
      - Blush-on ~ NOTED
      - Eyeliner 2 ~ NOTED
      - Maskara ~ NOTED
      - Pensil alis
      - Lipstik 2 ~ NOTED
      - Kutek 2
      - Make-up Remover ~ NOTED
      - Kapas ~ NOTED
      - Parfum
      - Kuas make-up
      - Sisir
      - Body Lotion ~ NOTED
12. Peralatan mandi
      - Sabun mandi+luluran
      - Sampo+conditioner+masker 
      - Sikat gigi + odol
      - Sabun cuci muka
13. Hair dryer
14. Sepatu/Sendal ~ NOTED (masih pengen nyari sendal euy)
15. Tas ~ NOTED (kado ultah dari sik Lili, satu lagi dari mama)
16. Hiasan-hiasan buat kamar (apaan lagi yah??)
17. Setrikaan
18. Rice cooker ~ NOTED (dikadoin sama calon mami)
19. Microwive ~ NOTED (dikadoin sama neng epah)
20. Kompor ~ NOTED (dari mamah)
21. Peralatan masak
22. Peralatan makan n minum
23. Apalagi yah??

Segitu dulu deh, nanti klo udh bertambah bisa gueh tambahin lagih... 

16 comments:

Arman said...

oh ada bagian yang cewek ke rumah cowok ya. dulu gua pas sangjit sih cuma yang cowok ke rumah cewek aja. :D

Melissa Octoviani said...

kalo gua listnya malah cuma baju, perhiasan, sepatu, handuk, sprei, sama uang susu juga... nyokap bokap gua bilang bawa yg penting2 aja, ya wes hahahaha...

kalo gua sangjitnya pas gua ultah, jadi cuma beberapa hari sebelumnya... soalnya keluarga laki gua kan di luar jakarta, kalo seminggu sebelumnya, mahal di akomodasi hahahaha...

Mel said...

wah mirip kita, bedanya gw dijadiin sehari aja tuh. jadi abis si cowo dateng ke rmh cewe langsung deh tante2 dan ibu2 berangkat ke rumah cowo buat ngehias2. gw si duduk2 anteng aja di rumah hehehe

btw perlengkapan make up lo lengkap amaaat. gw kayaknya cuma bawa lipstik, bedak, blush on, sama eyeshadow hihihi...

ayo2 yg kurang2 dilengkapin dr skrg.. semakin deket sama hari H semakin sibuk lhoo..

Leony said...

Hihi, gue kagak pake sangjit. Malesssss!! Gue kan bukan orang totok, dan gue ga ngerti aturan. Daripada salah, tar berabe. Sebagai gantinya, pas lamaran gue minta dibawain macem2 dong, tapi kagak usah bales, dan kaga pake pakem2an. Jadi ya gue belanja barang2 yg gue mau(alias pergi bareng2 calon suami saat itu, tapi dia yg bayar), dan dihias di tempat suami gue, pas hari lamaran dibawa deh ke rumah gue. Hihihi.

Bebe said...

Huaaaah.. ada tradisi begini ya Lud.. aku dulu lamaran aja cuma lewat webcam dong.. nyahaha.. ga ada deh tuh keriaan dikasih berbagai macam bingkisan dari calon suami.. hahaha

Nonikhairani.wordpress.com said...

Wuihhhhh bny bgt yaaaa Vir, aku suka wadah merah2nya hihi

miumiu said...

Wowww,seruu bgt vir sanjitnya,. Bakal rame n seruu bgt yahh,. Sygnya aq ga sanjit,hiks,, soale cami g pny sodara di jkt,. Jdnya kita g pke sanjit dhe,untung mamiku bs ngerti,. Btw,itu bawaan ke pihak cwo ada y? Byk bgt vir smpe kompor,microwave dll
Kalau diadatku,biasanya cuman tukeran baju,spatu,buah permen dbagi 2 aja,.dll Hihii,. Moga sanjitnya lancar ya,. Ayo dikelarin printilan2 sanjir yg blum,. Ciayoo vir ^^

Maria Ludovira said...

iya ko, adatya begitu, malah harusnya 3 hari sebelom hari H...
tapi kan keknya g mungkin, jadinya di adain seminggu sebelom...

Maria Ludovira said...

enak ya mel klo bisa ringkes begituh, kagak pake ribet...
hehehehe..

iyah mel, ini sminggu sbelom jg karna takutnya ari biasa sodara-sodara pada kagak bisa...

Maria Ludovira said...

iyah kemauan calon mami mel, mgkn klo lgs sehari jadinya takut keburu-buru...sama mel, g boleh ikutan jg nanti, cuma boleh tante-tante...
iya nih gueh bingung jg, secara jarang make-up...kata nyokap yg lengkap ajah...hihihihi...iyanih msh nyicil-nyicil...

Maria Ludovira said...

enakan kek gituh ya ci...ga repot...
tapi namanya adat yah, ngikut ajah deh...

Maria Ludovira said...

klo dirimu kan sebrang samudra be...jadi klo pake kek ginian pasti repot yah

Maria Ludovira said...

iya non...aku suka jg unik...hehehehehe

Maria Ludovira said...

iyah tin, mungkin maksudnya kan pihak cowo udh sediain rumah n furnitur, trus pihak cewe yg isi...aku jg kurang paham nih...
adat dari keluarga mamaku jg kek gituh sih...

amin amin amin...makasih ya tin

Pypy said...

Seru yah ada adat bgini.. Di Minahasa ga ada sih, kan pengen dikasih2 apa gitu.. hahaha :p *malah ngarep*

Maria Ludovira said...

hahahaha... seru sih py, tapi pusiang banget deh...

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo