Saturday, May 28, 2016

My 1st Kristik Project

Post kali ini hal yg fresh dulu yak, setelah kemaren ber throwback ria. Nanti guah lanjutin pasti throwbacknya. Secara sperti kata Mira kemaren. Baru turun gunung nih, jd banyak yg mw di tulis. Hehehehehe...

Sesuai judulnya, kali ini guah mw bahas soal kristik. Ada yg tw ga yah definisi kristik itu apa? Klo gueh yg definisikan sih kristik itu merupakan gambar dari kain yg terdiri dari kotak silang benang warna warni. Wakakakakaka... pastilah salah ini mah. Yah lebih tepatnya googling sendiri ajah deh. Pokonya begitulah. Dari jaman gueh SD gueh sangat amat tertarik ama kerajinan tangan, macem kek nyulam, jait, ronce, bahkan pernah rajut. Tapi ga pernah gueh dalemin lebih lanjut. Inspirasinya dateng dari nyokap gueh. Dia tuh suka banget bikin macem2, mungkin itu jg yg buat dy dipercayakan ngajar KTK dari jaman baheula, soalnya ada aja idenya buat bebikinan macem2. Di rumah nyokap sendiri ada 3 gambar gede2 hasil kristikan nyokap. Gueh blg gede2 karna emg lbh dr stgh meter semua. Nyokap bilang itu buatnya makan waktu setahunan bok. Iyah luama, secara kristik model dulu itu polanya di kertas, klo kita sampe salah itung pola, mamam deh tuh. Bukain satu satu yg salah, trus ya ulang lg dr yg salah itu. Jadi klo luh udh ngerjain banyak trus baru ketauan salah, y gituh deh... siap2 nangis bombay. Wakakakakaka

Jaman SMA apa awal2 kuliah dulu guah pernah minta ama nyokap dibeliin paket kristik, karna niat banget pengen nyoba bikin. Akhirnya ama nyokap dibeliin lah yg gambar Last Supper ( Perjamuan Terakhir ) . Lagi asik2 bikin udh setengah, ada benang yg abis. Udh cari kemana2 warnanya ga dapet, gda yg sama persis. Udh deh terbengkalai begitu ajah tuh kristikan. ( yg sampe skrg ditagih2 nyokap suruh selesein) hahahahaha... sebel kali dy udh dibeliin kagak selesai. Sayang banget yak, padahal bikin setengah ituh perjuangan jg lho. Ngerjainnya ber3 ama kaka gueh.

Waktu akhir tahun kemaren, guah mengalami kebosanan tingkat akut. Rasanya mau cari2 kegiatan lain ( baca bukan kesibukan ya, klo sibuk mah pastilah, pan kudu ngurusin bocah ) , en gueh terpikirkan banget ama kristik mengkristik inih. Saking bosennya guah baca ulang novel harry potter dr 1-7 hanya dalam waktu sebulan. Novelnya selesai dibaca, mulai gatel kan cari2 mau ngapain skrg. Jujur aja sbenernya gueh suka masak, baking gituh. Tapi dapur gueh belom memungkinkan deh buat baking2an. Gada ovennya juga. Nah mulai lah waktu itu searching di mbah google paket kristikan. Lalu tertarik lah guah sama gambar 9 koi. Ko cakep amet yak klo nanti dipajang dirumah. Usut punya usut ( maksudnya googling) arti gambar dr 9 koi ituh bagus. Katanya sih ya bawa rejeki gituhlah, trus jadi kebayang2 teruslah, sampe akhirnya renovasi rumah direnovasi, makin menggebu2 deh ituh mw bikin krisitk 9 koi.  Saking niatnya semua olshop kristik gueh tanyain satu2, sayangnya pada abis. Ada satu toko yg nyedian PO ready Juni. Yah drpd gda kan, jd gueh deal ajah deh ikutan order. Tau-taunya seminggu kemudian ada lagi model 9 koi, untung gambarnya beda. Hehehehehe...

Apakah kristik project gueh ini gambar 9 koi? Oooo... tentu bukan... hahahahaha... karna waktu itu gueh pikir msh lama, jd untuk pemanasan gueh cari2lah yg ukuran kecil. Itung2 sekalian latihan,biar nanti yg 9 koi bisa rapi. Ngerjain ini aja prosesnya 2 bulan lho. Ya maklum, namapun msh ngurus bocah yekan... jd emg kristik itu nyambi2 ajah. Nah ini guah jabarin by gamnar aja yah ( lha padahal ceritanga ude panjang lebar begonoh). 😁😁😁😁

Awal mula. Foto2nya ada yg gueh ambil dari instagram, soale yg aslinya udh gueh apus.

Seminggu kemudian. Baru mukanya aja yg jadi.

1.5 bulan kemudian. Akhirnya kepala bride ama groomnya jadi juga. Lama yak... gueh ngerjainnya ga fokus satu tempat sih. Jd awalnya abs ngerjain muka itu gueh mw beralih ke kepala bridenya, tp klo benangnya masih ada drpda ribet gonta ganti, jd ya gueh abisin dulu deh di tempat yg beda2. 

It's done but not finish yet. Masih harus di backstitching en dicuci dulu.
Nah ini perbedaan di backstitching dan engga. Yg groom udh full backstitching sedangkan yg bride engga. 

Ini proses pencucian. Ga perlu dikucek, cukup direndam pake aer anget plus detergent dikit (ini pake sleek) . Trus rendem aja selama 30 menitan ato sampe pola2 gambarnya ilang. Gambar sebelah kanan setelah 5-10menitan direndem.

Setelah ditiriskan, jgn lupa andukan donk. Maksudnya ilangin air2nya gituh. Taruh aja di anduk putih, kemudian gulung sambil agak ditekan. Bukan diperas ya.
Kemudian taruh secara mendatar di tempat yg banyak angin. Maksudnya di angin2in gituh... tunggu sampe benar2 kering.
Klo udh kering, disetrika. Bagian belakang bisa disetrika sperti biasa, tapi klo mw nyetrika bagian depan dialasin kaen tipis dulu.


Yeay... it's FINISH!!

Sampai jumpa di project kristik lainnya. 😚😚

14 comments:

tinalatiefblog said...

Aih cakep banget mba kristiknya...

Arman said...

bagus... lucu banget gambarnya :D

Mel said...

gw dulu main kristik malah pas jaman kuliah bikin perjamuan terakhir. Tapi sayang beda sm lo, kristik gw blm sls2 juga dan skrg lenyap alias lupa, gak tau taro dimana haha :p

Maria Ludovira said...

Hai Tina salam kenal.
Makasih yaaa 😁

Maria Ludovira said...

Makasih ko Arman

Maria Ludovira said...

Hahahahaha...soalnya klo malesnya lg dateng bawaannya pengen dicuekin aja tuh kristikan ya mel.

kutukamus said...

Baru tahu istilah ini.. Asyik detailnya ya. Mungkin cover Harry Potter bisa dibuat kristiknya juga..? (asal ngusul) :)

Nichole Leonard said...

Bagus banget Vir... Love it!!!
Gue jg demen sama kerajinan tangan, cuma gue orgya gak sabaran dan gampang bosenan, kayaknya kl disuruh mengkristik bisa-bisa gak sampe 1/4 jalan udah gue tinggal hahaha

Maria Ludovira said...

Bisa ko. Bisa pesen polanya.
Dulu ada toko yg jual bisa pesen gambar yg kita mw, nanti dy siapin paketannya.
Cm skrg di beberapa mall udh pada nutup tokonya. Mungkin karna jarang yg pesen ya...

Maria Ludovira said...

Thanks Nicole...
Hehehehehe...iyak emg bosen ituh gampang melanda ko. Guah jg pernah ada yg salah lgs males lanjutin. Wakakakaka

Angelina Su said...

gw pernah nih kristik, trus berenti karena gw nya bosan/males hahaha.keren juga lu vir tetap bertahan sampai akhir ;p

Melissa Octoviani said...

gua dulu pernah bikin beginian waktu jaman sekolah, tapi cuma separo doang, males lanjutinnya hahahaha...

Maria Ludovira said...

Iyah...apalagi klo ada yg salah ngel. Langsung menurun semangat...
Males2an lanjutinnya...wakakaka
Thanks ngel

Maria Ludovira said...

Iyak mel, klo malesnya lg dateng sih ga guah kerjain. Apalagi klo ada yg salah, makin males dah

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo