Tuesday, May 28, 2013

Surat untuk Emak...

Dear emak sayang...

baru seminggu emak pegi, ira udh kangen banget sama emak...pengen rasanya balik ke masa lalu, waktu emak ngerawat en ngejaga ira, waktu emak nyuapin ira, waktu emak lagi nyapu di kebon, waktu emak lagi masak, waktu emak lagi bikinin penganan sore buat engkong, waktu emak sakit karna abis dirampok, waktu emak baca parita di teras rumah, waktu emak ngomel, waktu emak ketawa, waktu emak cerewet...

Emak masih inget ga? dulu waktu ira kecil, ira gamo makan, cuma mw makan nasi pake garem, emak yg nyiapin, ira sampe kabur-kaburan ngumpet di kolong meja, di kolong wastafel, sampe lari ke kebon. Emak teriak-teriak marah, teriak-teriak bilang "makan abisin, nanti nasinya nangis."

Emak masih inget ga? dulu waktu ira kecil, suka nemenin emak nyapu sama bakar sampah sore-sore, bukannya bantuin kita malah pada main, bukannya maen yg bener malah maen prosotan di kuburan. Ato engga ngrecokin emak bakar sampah. 

Emak masih inget ga? dulu waktu ira kecil suka ngrecokin emak juga pas buatin penganan sorenya Engkong, pengen ikutan makan, pengen ikutan juga ngopi. Ato waktu emak beli cincau, ira suka ikut-ikutan juga nyeruput en makanin dari gelas kaleng emak yg gede. Trus emak bakal ngomel-ngomel sambil ketawa.

Emak masih inget ga? dulu waktu bikin kue onde trus dibantuin ira, Emak suka ngomel karna bentuknya gede kecil gede kecil.

Emak masih inget ga? dulu waktu ira SD, berani-beraninya sama Widi kita nyuriin duit gope-an emak di dalem kaleng. Tapi emak g marah cuma diem ajah... dan pasang muka sedih tapi senyum saat kita minta maaf.

Emak masih inget ga? dulu suka banget cerita en dongengin kita sama engkong sore-sore di depan teras...abis itu kita dsuruh mandi.

Emak masih inget ga? setelah engkong meninggal, saking sedihnya emak kena stroke, dan g bisa lagi jalan ato ngomong lancar. Jadi emak lamaaaaa banget ada di RS trus diterapi di Ciater. Abis itu emak klo jalan harus dbantu tongkat, karna tubuh bagian sbelah kanan emak lumpuh. Kadang-kadang emak mandi sore ira  yg mandiin, tapi itu g buat Emak jadi manja. Emak tetep brusaha sendiri klo emang bisa. 

Emak masih inget ga? waktu jamannya pilem Putri Huan Zhu di Indosiar, ira suka sore-sore nemenin emak nonton. Biarpun klo pelemnya abis ira langsung pulang ke rumah.

Emak masih inget ga? tiap imlek ira bantuin ngisi angpao, trus minta isi yg punya ira sama widi ditambahin... trus emak ngebolehin.

Emak masih inget ga? kita berduaan di rumah kemang, karna ncek lg pegi, trus ira slalu minta pesen makanan emak bilang boleh en emak yg bayarin.

Emak masih inget ga? waktu ira jagain emak di rumah sakit kita ngobrol sambil ketawa-ketawa, kita ngegosipin dari A sampe Z.

Emak masih inget ga? klo ira pulang emak selalu nanya, kapan dateng lagi?kapan nginep lagi?

Emak masih inget ga? dulu emak ngomong "Kapan luh nikah nanti gueh keburu mati"

Mak... udah bahagia ya dsana?? ketemu sama engkong, emak udh g sakit lagi tapi jangan lupain ira ya mak. Tahun ini ira jadi nikah, tapi emaknya malah lebih dulu gda. Padahal dua hari sebelumnya emak masih girang ngobrolin soal kumpul keluarga buat ngomongin nikahan ira. Padahal emak masih becanda mw nepai cuma seperak.

Mak... mungkin ini udah jalannya Tuhan, emak harus menyelesaikan hidup emak di dunia. Tapi emak seneng kan? kemaren sebelom emak menghebuskan nafas trakhir semua anak emak ada disamping emak. Ada cucu cucu emak juga ikut mengantar emak...

Mak... sekarang emak pasti lebih bahagia dsana, g usah lagi ngerasain sakit kambuhan kek biasa, g usah lagi susah jalan, g usah lagi susah makan. Jangan pernah berhenti doain ira ya mak.

ira sayang banget sama emak...

Taken 19 Mei 2013 @RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur 329

RIP KHO DJAN NIO (Djannah Tanumarga)

~ 22 Mei 2013 ~

9 comments:

epi said...

Vir, turut berduka cita yaa. Semoga seluruh keluarga diberi kekuatan. Duh jd sedih gue baca nya bikin inget sama emak gue juga, sama nih kita manggil nya "emak" hehehe.

dea purnama said...

turut berduka cita yaa ,,

Maria Yustin said...

huaaaahhhhhh, emaaakkkkkk ... kangen dimarahin sama emak ... :'((

Radhitya Ummar said...

Emak...emak... Widi kangen sama emak... Maapin widi suka nyusahin emak jarang nengokin emak widi minta maap mak widi banyak salah hukhukhuk

Radhitya Ummar said...

Widi kangen ma emakk hukhukhuk

Pypy said...

Turut berduka yah Vir, semoga lu sekeluarga diberi ketabahan :)

Jadi inget Oma gw juga nih.. Sedih memang, tapi emang udah rencana Tuhan kita cuma bisa menerima dengan ikhlas. :)

Maria Ludovira said...

thx epiii... *hugs*

ada betawi-betawinya jg ya pi??

Maria Ludovira said...

makasih ya dea...

Maria Ludovira said...

iyaaa...makasih ya py...

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo