Tuesday, June 14, 2016

Cerita melahirkan

Mari lanjutkan ceritanya yah, biar nyambung bisa baca post sbelom ini... hihihihihihi...

Setelah dari dokter itu, gueh telponan lah sama suami buat ngobrolin baiknya gmana, diputuskan dy cuti hari jumatnya ( sesuai cerita di post sbelomnya, gueh ke dr. Z tgl 15 Nov 14 ari sabtu ) karena kata dokter minggu depan gueh disuruh cek up trakhir bwt nentuin tgl operasi, sekaligus tepat 38week umur kehamilannya. Malemnya udh agak legaan lha ya, udh bisa terima klo emg harus operasi. Bahkan gueh msh sempet curhat sama via en osah, ngobrol lwt bbm sama mereka. Lumayan jg penenang hati...

Besokannya tanggal 16 nov 14, paginya gueh kgreja ama kel gueh, pulangnya ngemol ( inget banget makan burger king ), trus belanja ke giant. Karna niat mw gedein si baby jd gueh beli susu, beli yogurt, beli eskrim, pokonya yg manis2lah. Sayangnya waktu itu pas di kasir antri luama banget, en guah berdiri terus. Padahal sbenernya cape sih... tp gueh tahan2in aja. ( ga tw ini ada ngaruhnya ga ama peristiwa di sore hari)

Pulang dr belanja karna gueh brasa cape banget, jd gueh bawa tidur aja. Sempet wa an ama suami jg katanya mw ngobrol2 tp nanti malem aja. Nah bangun tidur inilah kehororan dimulai, waktu itu gueh udh bangun dr tidur cm posisi badan msh tiduran. Posisi guah tiduran di pojokan kasur deket meja rias, ponakan gueh lg ntn kartun en posisi mereka di bawah kasur. Di kamar ituh cm gueh b3an doang. Pas gueh bangunin badan gueh, baru mw posisi duduk, ga tw salah dmana, aer merembes secara deras dr bagian bawah gueh, ga bisa di tahan sama sekali, langsung kluar buanyak banget. Yg ada di pikiran gueh waktu itu, ini ngompol apa ketuban pecah, en sambil panik teriak2 panggil nyokap gueh. Bahkan gueh teriakin ponakan gueh yg msh kecil bwt panggilin oma (maksudnya nyokap gueh). Gueh udh kalut banget ga brani gerakin badan, sedangkan kasur udh basah kuyup. Dalam hati gueh msh berharap gueh ngompol, bukan ketuban pecah. Bukan apa2, guah takut lahiran gada suami. Pas nyokap en kaka gueh masuk kamar langsung nyalain lampu, en gueh cm ngomong "ini aku ngompol kan ma?" dengan muka melas mw nangis. Takut sejadi2nya deh.

Kaka ama nyokap jg cm sempet melongo doang, abs itu gueh dsuruh berdiri ke kamar mandi bwt bersih2. Nyokap sama kaka ngecek aernya. En ternyata agak lengket en berwana pink. Langsung dah gueh sekeluarga rempong, gueh jalan ke kmar mandi dengan aer yg ngalir, bwt siram2 sama ganti daster. Kaka gueh nanyain jd nya mw lahiran kmana? Gueh blg ke dr.Z ajah. Lgs ditelponin dokternya ama kaka, trus sama dokternya disuruh bawa ke RS. Gueh ude ga bsa mikir apa2an deh, cm mw cepet2 kontek suami bwt pulang, padahal udh yakin dy g mungkin sampe dengan cepet. ( awal mula kekecewaan yg gueh rasain banget2an)

Pas msh drumah nyokap, suami ga angkat2 telponnya, sampe gueh udh nyampe di rs jg ga di angkat2. Gueh sampe kontek istrinya temen suami bwt kontek suaminya. Manalah itu hari minggu, RS nya cukup sepi pas gueh sampe ugd nya, abs itu gueh lgs dbawa ke ruang bersalin gituh, dmana ruangannya baru dbukain pintu2nya. Iyak RS E ini nya emang lbh sepi dibanding RS MK. Di ruang bersalin dgn kondisi daster yg udh kuyup jg, karna aer ketubannya ga brenti ngalir, akhirnya ama suster dperiksa bukaan. (Rasanya ga ush ditanya yak, sakit kaka ) Katanya udah ada bukaan 1, trus info dr dokter gueh bakal lgs di operasi jem 7 malem. Akhirnya suami udh bisa dikontek, en gueh suruh dy pulang skrg jg. Pastinya suami kaget en ga nyangka juga sih. Tp ya mw gmana lagi. Sayangnya karna udh tlalu sore (waktu itu kejadiannya sekitar jem 5 sore) jd seaplane jg gda. Mw ga mw dy mesti lewat darat dmana perjalannya panjang dan tetep bakal sampe besokannya.

Abis diperiksa bukaan itu, gueh mulai ngerasain yg namanya mules2 kontraksi. Serius itu sakit banget lhooo... gueh tepok tangan deh bwt temen ibu2 yg ngalamin kontraksi bukaan ampe lahiran. Gueh baru kek gituh aja udh meringis2 en mewek2 ke nyokap. Mana kesian ama nyokap mesti sambil urus admin juga,en liatin gueh. Waktu itu kondisinya cm bonyok yg anter. Soale kesian ponakan gueh klo kaka gueh ikut. Ada kaka ipar jg sih akhirnya dateng bwt bantu2 di RS. Nunggu jem 7 sambil sms an en telponan ama suami, nahan sakit kontraksi. Itu udh kek nunggu apaan deh. Trus suster en nyokap jg bolak balik. Lupa deh diapain ajah.

Akhirnya sekitar jem stgh 7 an gueh di dorong ke kamar operasi. Waktu itu udh ga kuat akhirnya guah nangis, g tw jg kenapa. Takut atau karna sedih gda si suami ato terharu jg ama bonyok en kaka ipar yg ngelepas gueh msk ruang operasi. Sayangnya dulu gueh ga kepikiran buat minta temenin nyokap. Boleh kagak sih ditemenin pas operasi?

Masuk ruang operasi gueh dibilangin soal prosedur bius2an dll nya. Soal sesak napas, pusing, mau muntah gituh. Inih gueh agak lupa sih apa aja. Pokonya yg plg gueh inget pas udh mulai itu gueh gmo ngeliat ke lampu yg di atas gueh. Lampu operasi gituh, dimana ternyata ada pantulan dr yg dikerjain dokter, dikit2 kliatan. Gw malah ngeri ngeliatnya, jd cm bisa nanar menatap langit sambil berdoa (gueh bawa rosario pas operasi) . Trus si dokter sambil ngobrol sama asistennya, akhirnya lahirlah si Fay, jem 19.04 . Dokternya sempet bilang "tuhkan kelilit tali 2x" , abs itu bahkan gueh lupa ngapain, cm inget si fay ditempelin doang mukanya ke gueh, bwt dksh liat. Padahal sbelom operasi itu gueh sempet minta IMD, tp g tw lah kenapa akhirnya ga jd. Abs udh lahir dokternya slesai trus kluar, en seinget gueh yg nyelesein jaitannya asistennya gituh. Nah ini makan waktu agak lama. Mana dibius setengah gituh ga enak yah, mual en rasanya kesemutan tp ga bisa ngapa2in. Sakit lhooo... nyiksa menurut gueh. Enakan bius total kali yak...

Setelah beres, gueh dbawa kluar dr ruang operasi ke ruang lain, mgkn semacam ruang pemulihan. Daannnn luama banget cm didiemin aja disituh,  padahal gueh udh brasa pengen ketemu orang lain, pengen liat si fay lagi. Tp ga bisa apa2. Cm bisa diem aja sambil ngerasain kesemutan. Tidur pun ga bisa... sedih, takut, pengen liat baby, pengen ketemu nyokap...

Sekitar jem stgh 9 apa jem 9an gituh, baru deh guah dpindah kamar. Pas pindah kamar itu gueh ngelewatin ruang bayi, sayangnya tetep aja ga bisa liat jelas. Trus pas masuk kamar, gueh udh dikasih ucapan selamat dr kel gueh, plus ada eva en tante osah dateng. Ternyata mereka udh nungguin dr pas gueh msh di operasi. En yg gueh denger abs lahir sama sekali gda yg ngabarin klo baby nya udh lahir, sampe dtanya dulu, tw2nya ude dbawa ke ruang bayi. Lha pegimana yak... tp ga mikirin itu sih gueh, guah ngeliat fay malah lewat foto. Trus ngabar2in sik suami yg msh di jalan naek bus. Kesian juga dy begadang di jalan, anaknya tetep ude lahir.

Drama malem setelah operasi itu gueh ga bisa tidur sama sekali, rasanya gerah banget. Padahal nyokap yg nemenin gueh di rs ude kedinginan. AC nya udh plg kenceng, tp gueh tetep keringetan. Mana ga boleh pake bantal, trus kesemutan terus menerus. Dan guah ngerasain kontraksi, dimana perih banget makkk... sakit mens berkali kali lipat. Katanya sih normal ya, karna kita di operasi jd banyak darah kotor yg belom keluar, sengaja dikasih obat kontraksi buat ngebuangin sisa2 kotoran di rahim. Bener kagak sih??
Pokonya cukup menyiksa lah malem ituh, ngeluh ama nyokap jg ga bisa apa2. Jd guah biarinin aja dy tidur,,gueh meringis2 sendirian. Sambil kadang2 liat hape. Klo ada suster masuk, trus gueh ngadu,,ya cm dibilang gpp bu, emang gituh. 
Akhirnya jem 5 pagi guah ude dibolehin pake bantal. Trus klo ga salah udh bole minum. Sekitar jem 7an gueh dibersihin dmana, ternyata udh banjir darah, sampe kena gurita gueh. Gerak masih susah, cm dsuruh suster coba duduk, tp tetep senderan. Dan kepala rasanya mw pecah, pusing banget. Ga tw ini pengaruh yg mana. Kondisi yg sperti itu membuat guah jd manja banget ama mak guah, ketakutan gueh mulai muncul, gmana klo sampe nyokap gda, nyokap pergi, en gueh ditinggal. Sumpah gueh takut banget saat itu... Jem 9an baby dbawa masuk, dsuruh untuk nyusuin. Pertama kalinya gendong en nyusuin. Ga ush dtanya, ASI belom keluar en kepala pusing banget. Jd gendong jg cm bentaran abs itu taro lg deh di boks. Sedangkan pak suami baru sampe jem stgh11 di RS.

Ceritanya ga enak banget yah??? Tapi klo diterusin kepanjangan, padahal itu sih intinya ygw guah tulis di post. Jd mending di post selanjutnya aja yah...

Foto fay pas baru lahir. Ambil dr path nya tante osah
Ambil dr path nya tante Eva
Pertama kali gendong en nyusuin Fay

13 comments:

Mel said...

ya ampun, pasca operasi itu menyiksa banget ya, makin manteb gw buat takut di operasi :p
siapa yang bilang kalo operasi berarti takut sakit ya, noh rasain rasanya pusing dan mual2 hehehe

Angelina Su said...

jelas bgt vir proses cesar lu. jadi tau rasanya gimana, ternyata ada rasa mual2 ga enak yah, soalnya selama ini org cuma nyebut sakit2 doang, gw kan belon pernah ga tau sakit apanya, kirain sakit jaitan doang.
kok jadi serem ya wkwkwk. normal gw takut ga kuat. cesar sakit udahannya =)) pasrah aha deh ntar kalo giliran gua lahiran :p

Maria Ludovira said...

Hooh mel...di apain jugak yg namanya ngelahirin mah sakit. Wakakakakaka...
Cuma sakitnya beda2 kan. Menurut guah sih pasca operasinya yg ga nahan...semangat ya mel

Maria Ludovira said...

Ga enak banget ngel. Selama di operasi ngerasain sesak en mual. Ga tw sih ngaruh karna guah takut ato gmana.
Iyah yg penting nanti baby en mamanya sehat mw gmana lahirannya juga. Sama2 sakit kok 😁😁

epi said...

Kayaknya tiap orang beda2 memang yah pengalaman abis operasi lahiran nya. Ga semua RS ngijinin operasi ditemenin keluarga sih setau gue vir. Salah satunya rsia hermina tempat gue lahiran juga ga boleh ditemenin :D tp kok gue abis operasi ga ngalamin perut keram kontraksi yg kayak loe blg ya, abis operasi juga langsung boleh minum dan duduk ganjel bantal. Mungkin beda2 kali yak... Trus efek bius tiap orang juga beda2 si setau gue, ada yg mual muntah2. Ada yg engga. Kalo gue cuma berasa gatel2 doang badannya

Melissa Octoviani said...

pasca operasi emang derita banget ya... gua dulu pas mau turun dari kasur tuh rasanya nyes banget... pipis sakit, pupup juga ga bisa... sakitnya itu yang akhirnya bikin gua baby blues...

Maria Ludovira said...

Iyah pi, klo denger cerita orang2 jg klo operasi sakit jaitannya doang. Lha ini gueh pake drama. Ada pengaruh gegara pecah ketuban duluan ga yah? Untungnya guah ga sampe muntah2 sih...

Maria Ludovira said...

Klo gueh ga tahan sakit kepalanya mel. Ga tw pengaruh dr mana, setiap bangun pokonya sakit kepala kek mw pecah.

Nichole Leonard said...

Gue selalu terkagum-kagum bacain cerita orang lahiran Vir,terlebih masih harus ngerasain sakitnya abis lahiran *mendadak lutut gue lemes* hahaha

Maria Ludovira said...

Hahahaha...tp dibalik itu semua ada nikmatnya ko... nanti pasti ngerasain juga 😁

Pinkbuble said...

Hi Vir,

Salam kenel. Baru pertama kali gw bacain proses lahiran detail banget. Thanks for the i info, dan salut banget dah lu kuat banget jalanin prosesnya.

Enjoy motherhood!!

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Meilani Lim said...

ruang operasi emang nakutin ya Vir.. huahaha

jadi kepngen nulis cerita lahiran juga..blom sempet2 -.-

Post a Comment

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo